Kilas Bandung, Kamis (30/8/2018)

KilasBandung – Pemerintah Kota Bandung mendesak jajaran Polrestabes Bandung untuk lebih mengoptimalkan sistem pengamanan di Kota Bandung. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan optimalisasi tersebut untuk menangkis dan membabat habis aksi curat, curas dan curanmor, terlebih lagi kasus begal yang kini mulai kembali marak. Menurut Wali Kota, Pemkot dan Polrestabes Bandung sudah memiliki sistem terpadu dalam pengamanan wilayah sehingga tinggal mengoptimalkannya untuk mencegah atau menindak kriminalitas.

Puluhan peserta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota/ kabupaten di Jawa Barat menggelar pertemuan untuk mensinergikan program-program yang terkait dengan pengolahan data. Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Kiagus Denny Sofian mengatakan, pengolahan data ini menjadi unggulan Jawa Barat yang juga program 100 hari Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil untuk masa jabatan 2018-2023 mendatang.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) membantah keras adanya aksi pembongkaran rumah di jalan Tamansari oleh Satpol PP Kota Bandung akibat menolak pembangunan rumah deret di kawasan tersebut. Emil menjelaskan, pada hari Senin (27/8/2018) tidak ada eksekusi namun hanya pemberian surat untuk pengosongan rumah terakhir. Satpol PP hanya menjalankan tugas untuk melakukan pengosongan area setelah diterbitkannya Surat Peringatan atau SP3. Emil menyayangkan sikap warga yang tetap bertahan bahkan menggalang kekuatan untuk melakukan perlawanan. Emil menyatakan tidak mengerti dengan keinginan warga yang menolak pembangunan rumah deret tersebut padahal pembangunan itu diperuntukkan bagi mereka.

PD Kebersihan Kota Bandung berencana akan menambah armada motor untuk pengangkut sampah. Direktur Teknik dan Operasional PD Kebersihan Kota Bandung Iwan Setiawan  menuturkan, saat ini sudah ada penawaran dari sebuah perusahaan di Tangerang untuk pengadaan motor pengangkut sampah berupa motor roda tiga dengan bak sampah di belakangnya yang menggunakan sistem hidrolik. Menurut Iwan saat ini armada motor pengangkut sampah milik PD Kebersihan banyak yang rusak dan tidak bisa beroperasi lagi padahal sangat dibutuhkan untuk mengangkut sampah dari rumah tangga sampai ke TPS.

Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Perry Warjiyo mengajak masyarakat untuk bisa menyikapi berbagai permasalahan dan mentransformasi sektor informal dalam era digital saat ini. Perry menjelaskan, semua permasalahan di era digital bisa diselesaikan dengan cara sinergi serta terintergasi antara pusat dan daerah serta para pelaku bisnis dan akademisi. Perry menyatakan, dengan cara seperti itu diharapkan berbagai permasalahan maupun kegiatan pembangunan yang berkaitan dengan digital bisa dituntaskan dengan baik.***