Kilas Bandung, Kamis (29/8/2019)

KilasBandung – Perkembangan Program Citarum Harum dinilai cukup menggembirakan karena banyak perubahan signifikan setelah program tersebut digagas dan ditangani mulai dari pemerintah pusat hingga daerah. Menko Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sampah sungai Citarum semakin berkurang dan kualitas baku air membaik.

Lebih dari 7 ribu siswa SD dan SMP di kota Bandung bermain berbagai permainan tradisional dalam Festival Bandung Ulin. Plh Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan festival mengenalkan beragam permainan jaman dahulu kepada anak-anak milenial karena mengandung banyak filosofi di antaranya kebersamaan, tenggang rasa, dan solidaritas.

Selain memperkenalkan beragam kaulinan atau permainan jaman dahulu ada nilai-nilai penting yang harus ditanamkan kepada anak-anak SD dan SMP. Kadisdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan pesan penting yang terkandung dalam permainan tersebut adalah adanya rasa kebersamaan, tanggung jawab, serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Penanganan banjir di Kota Bandung menjadi salah satu prioritas utama di Kota Bandung sehingga Pemkot Bandung terus menggalakan pembuatan drum pori di seluruh Kota Bandung. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan jika setiap RW dapat dibangun minimal 10 drum pori maka akan tersedia lebih dari 500 ribu drum pori di seluruh kota Bandung.

Hingga saat ini Gunung Tangkuban Parahu masih erupsi sehingga masyarakat dan pengunjung diimbau tetap berada di zona aman. Saat mendatangi pos pemantauan milik PVMBG di Gunung Tangkuban Parahu, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan status waspada Gunung Tangkuban Parahu belum dicabut karena masih mengeluarkan gas berbahaya.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.