Kilas Bandung, Jumat (27/7/2018)

KilasBandung – Proses pendidikan di seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat secara keseluruhan saat ini sudah berjalan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi mengatakan, meski pendidikan di Jabar lebih baik, kedepan perlu ada peningkatan, mulai dari unit sekolah baru hingga tambahan guru ASN maupun honorer. Hadadi berharap, dengan peningkatan ini semua anak-anak di Jabar bisa semuanya bersekolah dengan fasilitas yang baik dan memadai.

Pemerintah Kota Bandung akan mempoles wajah kota kembang ini agar terlihat lebih cantik lagi. Hal itu dilakukan, sebagai bentuk dukungan Pemkot dan warga Bandung dalam memeriahkan dan menyambut gelaran Asian Games 2018. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, kegiatan mempercantik wajah kota Bandung ini, akan dilakukan secara serentak dengan acara kerja bakti pada pertengahan bulan Agustus 2018 mendatang, yaitu memoles kota dengan atribut bernuansa Asian Games.

Masyarakat diminta untuk berhati-hati dan bijak dalam menggunakan listrik. Pasalnya, musibah kebakaran terjadi, kerap ditudingkan akibat adanya arus pendek listrik. Kepala Seksi Binas Partisipasi Masyarakat, Diskar PB Kota Bandung, Cecep Rustandi mencontohkan, masyarakat kerap menggunakan satu colokan listrik untuk banyak kebutuhan sehingga kemungkinan besar pemicu terjadinya korsleting listrik. Cecep juga meminta masyarakat untuk teliti dalam membeli peralatan listrik, yaitu dengan memperhatikan tanda SNI di peralatan tersebut.

Provinsi Jawa Barat harus memiliki embarkasi sendiri bagi calon jemaah jika Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menjadi bandara untuk keberangkatan haji. Penjabat Gubernur Provinsi Jawa Barat, Mochammad Iriawan menuturkan, embarkasi ini diperlukan untuk menampung para calon jemaah yang akan berangkat ibadah haji juga tempat pemeriksaan berbagai administrasi, pemeriksaan kesehatan jemaah, sekaligus mengantisipasi kemungkinan adanya calon jemaah yang berangkat secara ilegal.

Pemerintah Kota Bandung tidak melarang warganya untuk membangun maupun merenovasi gedung, selama mengikuti aturan yang sudah ada. Terlebih bangunan yang akan direnovasi tersebut merupakan bangunan lama yang memiliki sejarah. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menuturkan, jika bangunan yang akan direnovasi tersebut termasuk bangunan heritage, maka sebelum direnovasi harus konsultasi terlebih dahulu dengan pihak cagar budaya. Kebijakan itu dilakukan, agar bangunan bersejarah tidak hilang begitu saja.***