Kilas Bandung, Jumat (24/8/2018)

KilasBandung – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanannya kepada masyarakat. Emil menuturkan, salah satu prestasi yang paling membanggakan adalah diraihnya predikat terbaik pada Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) selama kurun waktu 3 tahun berturut-turut. Emil berharap pasca dirinya tidak lagi menjadi Walikota Bandung, pemimpin berikutnya dapat meneruskan jejak dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai selama ini.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia mencatat sektor perbankan masih dominan dalam melakukan pembelian Savings Bond Ritel atau surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah. Analis Senior Kementerian Keuangan, Nana Riana
menjelaskan jangkauan sektor perbankan menjadi penyebab dominannya pembelian SBR ini. Namun Nana berharap, nantinya melalui aplikasi teknologi finansial atau finteks banyak kalangan milenial yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendapatkan SBR sehingga menjadi investor baru instrumen keuangan tersebut.

Jumlah warga kota Bandung yang melaksanakan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah mengalami peningkatan. Tercatat sekitar 8.300 warga melaksanakan ibadah kurban tahun ini. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, dengan adanya peningkatan tersebut, menandakan bahwa secara ekonomi warga muslim di kota Bandung semakin makmur dan sejahtera.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung Ema Sumarna mengaku optimis target perolehan pajak dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan tercapai. Ema menjelaskan, pada tahun 2017 lalu perolehan PBB sebesar Rp543 milyar, sedangkan tahun 2018 ini, ditargetkan meraih lebih dari Rp 700 milyar. Menurut Ema, berdasarkan hasil sensus PPB ada potensi pajak yang terdata ditambah dengan piutang pajak PBB tahun 2017 yang belum terbayarkan.

Iklim Kota Bandung yang masih terasa sejuk dan nyaman menjadi tempat yang diburu oleh masyarakat dari daerah lain untuk berbagai tujuan. Wakil Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial menuturkan selain iklim yang nyaman, kota Bandung juga menjadi kota yang aman bagi masyarakatnya maupun pendatang. Menurut Oded, dengan kondisi tersebut akan memberikan peluang bagi calon investor untuk menanamkan modalnya di Kota Bandung.***