Kilas Bandung, Jumat (2/11/2018)

KilasBandung – Wali Kota Bandung Oded M. Danial menunjuk Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung Ema Sumarna sebagai Pelaksana Harian Sekda Kota Bandung. Penunjukan dilakukan karena Plh sebelumnya yang dijabat oleh Evi S. Saleha telah habis waktunya. Oded mengatakan tenggang waktu yang diterima oleh Ema Sumarna sebagai Plh Sekda selama 2 pekan dan setelah itu Oded berharap sudah mengantongi nama yang bakal menduduki kursi Sekda secara definitif.

Pemerintah Kota Bandung memiliki dua konsep yang bakal diterapkan dalam melakukan penertiban para pedagang kaki lima (PKL) Cicadas yaitu secara jangka pendek berupa penataan dan jangka panjangnya merelokasi. Sekretaris Satgas PKl Kota Bandung Priana Wirasaputra optimis dengan adanya kerjasama yang baik dari semua pihak maka masalah PKL di Kota Bandung bisa diselesaikan dengan baik.

Setelah melakukan pengembangan cukup lama, akhirnya PT Len Industri memperkenalkan tiga produk unggulan baru kepada publik yang merupakan hasil karya anak bangsa yaitu LenSolar, LenTera dan Radar Pertahanan. Manager Komunikasi PT Len Industri, Donny Gunawan mengatakan LenSolar adalah produk energi terbarukan yang bisa digunakan di perumahan atau perkantoran, sedangkan LenTera berupa peralatan yang menyediakan sumber energi dalam keadaan darurat seperti di daerah bencana, sedangkan produk radar adalah untuk pertahanan yang bisa digunakan oleh TNI.

Sebanyak 4 sekolah di Kota Bandung sedang dinilai dalam lomba UKS tingkat Kota Bandung yaitu TK Aloysius, SDT Krida Nusantara, SMPN 31 dan SMKN 12 Bandung. Ketua Tim Penilai Lomba UKS Kota Bandung Tito Suharwanto mengatakan penilaian tidak hanya kebersihan dan kesehatannya tetapi juga sarana pendukung lainya seperti ruang ibadah, ruang bermain, taman dantanaman obat. Pemenang lomba UKS Kota Bandung akan diikutsertakan dalam lomba UKS tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kota Bandung kembali memiliki destinasi wisata baru, yaitu Teras Sunda Cibiru yang berlokasi di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, Teras Sunda Cibiru merupakan pusat pengembangan seni dan budaya sekaligus destinasi wisata baru. Oded meminta kepada pengelola Teras Sunda untuk menjaga dan merawat tempat tersebut agar turis domestik dan mancanegara betah berkunjung ke Teras Sunda Cibiru.

Pemerintah mendesak BUMN untuk lebih meningkatkan kemampuan industrinya dengan mendorong hilirisasi. Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan upaya itu dilakukan agar BUMN mampu memproduksi barang-barang yang selama ini diimpor dan meningkatkan ekspornya, khususnya bagi BUMN yang berorientasi kepada ekspor.***