Kilas Bandung, Jumat (19/10/2018)

KilasBandung – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung akan segera berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, terkait pengurangan pajak bangunan cagar budaya. Kepala BPPD Kota Bandung Ema Sumarna menuturkan meski tidak mengetahui secara pasti dari jumlah bangunan cagar budaya, pihaknya akan menjalankan amanat Perda Kota Bandung tentang pajak bangunan cagar budaya.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial terus menghimbau masyarakat untuk mulai memilah dan mengurangi produksi sampah termasuk tidak membuang sampah ke sungai. Untuk mengurangi produksi sampah, Pemerintah Kota Bandung akan menyelesaikan masalah sampah ini mulai dari sumbernya.

Wali Kkota Bandung Oded M. Danial sudah memerintahkan kepada seluruh kepala SKPD di lingkungan Pemkot Bandung untuk menyelesaikan seluruh Detail Engineering Design (DED) pada awal tahun 2019 mendatang. Oded menuturkan, selain mendorong penuntasan DED, untuk saat ini akan memaksimalkan berbagai program kerja yang belum tercapai dan program kerja yang tidak berdampak terhadap anggaran.

Menjelang datangnya musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berkoordinasi dengan sejumlah kota/ kabupaten sebagai produsen dan pemasok bahan pangan bagi kota Bandung untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Elly Wasliah menuturkan, ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti cabe merah, daging sapi dan telur ayam.

Dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Mental se-Dunia tahun 2018, Yayasan Peduli Skizofrenia Indonesia Simpul Jawa Barat mengadakan program dengan nama Temuan Kasus. Ketua Yayasan Peduli Skizofrenia Indonesia Simpul Jawa Barat, Gema Gumelar mengatakan dari hasil kegiatan tersebut, dalam satu hari ditemukan sekitar 15 Orang Dengan Gangguan kejiwaan (ODGJ) menggelandang di Kota Bandung. Rata-rata ODGJ yang ditemukan berada di usia produktif antara 20-30 tahun.

Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan sedangkan mengajukan perijinan ke Pemkot Bandung untuk mengaktifkan kembali sumur artesis yang sudah lama ditutup. Sonny menuturkan dari 28 titik sumur artesis milik PDAM, hanya beberapa yang masih berfungsi meski debit airnya mulai berkurang. Untuk mengatasi krisis air, PDAM mengerahkan puluhan mobil untuk mensuplai air bagi warga Kota Bandung yang membutuhkannya.***