Kick Off WJES 2021 Dorong Kemajuan Perekonomian Jawa Barat

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi pentahelix untuk turut berkontribusi mendorong pemulihan dan kemajuan ekonomi Jawa Barat, Kantor Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat bekerja sama dengan ISEI se Jawa Barat dan stakeholder terkait dengan dukungan Komisi XI DPR RI, kembali menyelenggarakan Kick Off Rangkaian West Java Economic Society (WJES) 2021.

Kegiatan, yang sekaligus menjadi bagian dari Road to Kongress ISEI XXI pada 31 Agustus 2021 mendatang, mengusung tema “Menguak Potensi Ekonomi, Akselerasi Investasi, Digitalisasi untuk Memajukan Inklusivitas Ekonomi Jawa Barat”.

WJES merupakan wadah untuk berkontribusi dalam mendorong kemajuan perekonomian Jawa Barat melalui dua kegiatan utama yaitu: (i) kegiatan advisory dan perumusan rekomendasi kebijakan yang aplikatif kepada pemerintah daerah dan stakeholders utama lainnya termasuk pelaku bisnis;(ii) keterlibatan langsung dalam berbagai bentuk dan level proyek yang menyentuh langsung kegiatan perekonomian sektor riil dan kehidupan masyarakat.

Sinergi pentahelix WJES yang melibatkan para ekonom, akademisi, pelaku ekonomi dan praktisi bisnis di sektor riil akan menghasilkan berbagai bisnis model dan proyek percontohan yang tidak hanya bersifat local community service (LCS) dalam mendukung kemandirian ekonomi masyarakat namun juga menjadi alternatif solusi bagi pelaku bisnis dalam memperbaiki manajemen bisnisnya guna meningkatkan daya saing dan membangun kemandirian ekonomi guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, inklusif dan berkelanjutan.

Dengan keragaman sumber daya dan kompleksitas permasalahan ekonomi Jawa Barat, berbagai model bisnis yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi percontohan tidak hanya dalam skala lokal, namun juga nasional dan global. Hal ini sejalan dengan semangat yang diusung dalam tagline WJES 2021 #DariJabarUntukIndonesia dan #DariJabarUntukEkonomi Global,
Kick off WJES 2021 secara resmi dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto, dan Ketua ISEI Cabang Bandung, Aldrin Herwany. Rangkaian Kick Off juga dibuka dengan penyampaian keynote speech Deputi Gubernur Bank Indonesia, Bapak Dody Budi Waluyo.

Gubernur memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pembentukan WJES dan berharap WJES dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan, terutama saat ini terkait penguatan daya beli masyarakat dan dorongan penguatan ekspansi fiskal pemerintah.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil juga mensyukuri capaian pertumbuhan positif ekonomi pada triwulan II-2021 dan semakin terkendalinya Covid-19 di Jawa Barat.

“Jawa Barat telah menyusun berbagai upaya pengembangan kedepan, termasuk Jawa Barat Utara sebagai “The Future of West Java” dan wilayah Selatan dengan potensi pertanian, pariwisata dan kelautan yang dimilikinya,” dalam sambutannya di acara Kick Off Rangkaian WJES 2021, Senin (23/08/2021).

Gubernur menambahkan, sejalan dengan visi Jawa Barat sebagai provinsi digital, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah dan akan terus mempersiapkan “Ekonomi 4.0” yang akan diimplementasikan dalam segala aspek, khususnya pertanian, kelautan dan kesehatan.
“Digitalisasi akan dikembangkan secara merata hingga pelosok pedesaan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto, menyampaikan Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat, baik kantor koordinator Jawa Barat, kantor BI Cirebon dan BI Tasikmalaya, berkomitmen untuk terus ikut aktif dan proaktif mendukung dalam menyelaraskan, memperbaiki, mengkalibrasi semua langkah yang dilakukan WJES untuk mewujudkan kontribusi WJES dari Jabar Untuk Indonesia, dari Jabar Untuk Ekonomi Global.

Ketua ISEI Cabang Bandung, Aldrin Herwany, menyampaikan bahwa lembaga yang dipimpinnya akan terus mendorong seluruh anggotanya untuk berperan aktif memajukan ekonomi Jawa Barat melalui berbagai terobosan sesuai keahlian dan sumber daya yang dimiliki, termasuk memanfaatkan jaringan perguruan tinggi.

Pada 2021, WJES mengagendakan berbagai kegiatan, antara lain:advisoryregional development asessment bagi perumusan kebijakan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk pelaku usaha; dan penyusunan model bisnis melalui proyek kegiatan riil untuk pemberdayaan UMKM sebagai salah satu pihak yang paling terdampak pandemi.

Untuk mendukung penguatan pelaksanaan program utama WJES tersebut, dalam kesempatan Kick off WJES 2021 juga dilakukan 3 agenda penting berupa (1)LaunchingRegional Economist Forum (REF) Jawa Barat; (2) Komitmen Kampus Mendukung Digitalisasi Ekonomi, dan (3) Economic Policy Forum dengan tema Benefiting from Digital Economy untuk mendukung dan mewujudkan Jabar Digital Province.

Regional Economist Forum (REF) Jawa Barat dihadirkan untuk menggalang kontribusi pemikiran dari para ekonom dan akademisi berbagai disiplin ilmu lainnya di seluruh Jawa Barat yang memiliki fokus dan perhatian terhadap berbagai isu pembangunan ekonomi regional, untuk memajukan perekonomian Jawa Barat.

Menyambut momentum Kemerdekaan RI sekaligus Ulang Tahun Jawa Barat ke-76, langkah awal REF Jabar 2021 diwujudkan dalam “76 Ekonom Jabar Bicara” yang akan berupaya memberikan solusi terhadap berbagai isu mulai dari pengembangan industri manufaktur, pariwisata, pertanian, digitalisasi proses bisnis, investasi, pembiayaan, kebijakan pemberdayaan UMKM, hingga penyelarasan pembangunan Jawa Barat Utara dan Selatan di samping isu lainnya.

Sementara itu, dalam mendukung dan mendorong transformasi digital menuju pencapaian visi Jawa Barat Provinsi Digital, Perguruan Tinggi di Jawa Barat menggalang Komitmen “Kampus Mendukung Digitalisasi Ekonomi”.Langkah strategis yang akan dilakukan dalam pelaksanaan komitmen tersebut mencakup (i) edukasi dan sosialisasi, (ii) data dan informasi, (iii) inovasi dan teknologi, (iv) transaksi keuangan digital, serta (v) advisory penerapan digitalisasi menyeluruh secara end to end process di berbagai sektor ekonomi dan meliputi semua pelaku ekonomi, baik pemerintah, industri dan UMKM maupun masyarakat.

Rangkaian WJES 2021direncanakan akan berujung pada puncak acara di bulan November 2021 berupa penyampaian rekomendasi advisorykebijakan aplikatif dan model bisnis dari berbagai kegiatan keterlibatan langsung yang menyentuh langsung kehidupan perekonomian sektor riil dan masyarakat. Melalui optimisme, kerja keras, dan sinergitas yang terbangun, serta lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa diharapkan kiprah WJES 2021 dapat memberikan manfaat bagi kemajuan ekonomi Jawa Barat dan nasional. (Parno)