Kicimpring Cidadap Hadirkan 5 Rasa Kekinian

Pelaku Usaha Kicimpring Cidadap, Tata Santa memperlihatkan produknya. (Foto: beritabaik)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kecamatan Cidadap Kota Bandung kini memiliki kuliner unggulan unik, sekaligus berhasil melestarikan makanan khas Sunda, yaitu Kicimpring Cidadap.

Makanan berbahan baku singkong ini merupakan hasil produksi warga setempat, Tata Santa, sebagai jawaban dari tantangan Camat Cidadap Hilda Hendrawan, yang ingin wilayahnya memiliki produk unggulan di bidang kuliner.

Kicimpring Cidadap dipilih menjadi produk unggulan, karena bahan baku singkongnya juga ditanam di Kelurahan Ciumbuleuit Kecamatan Cidadap, sehingga produksi yang dilakukan masih di wilayah tersebut.

“Konsep produknya dari 2017, 2018 mulai mencari bahan yang pas, pada 2019 mulai dari rasa original dan mengembangkan varian rasa lainnya. Hingga akhirnya ada lima rasa seperti sekarang,” kata Tata Santa.

Tata mengatakan, agar lebih diterima masyarakat, kicimpring Cidadap hadir dengan berbagai rasa kekinian.

“Ada rasa original, coklat, buah naga, barbeque dan jagung manis pedas,” ujarnya

Tata mengungkapkan, rata-rata produksi Kicimpring Cidadap 250-350 bungkus sebulan. Kendalanya, yaitu terkait cuaca, karena untuk mengeringkan singkong membutuhkan sinar matahari.

Sementara itu Camat Cidadap, Hilda Hendrawan mengaku bangga dengan hadirnya Kicimpring Cidadap, karena merupakan hasil kolaborasi warga sesuai petunjuk Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

“Dengan produk ini, saya bangga Kicimpring Cidadap dengan inovasi yang dilakukan Pak Tata, serta varian rasa yang berbeda tidak hanya yang original saja,” katanya beberapa waktu lalu.

Tak hanya kicimpring, Kecamatan Cidadap sedang mendorong kopi sebagai produk. Untuk kopi, Kecamatan Cidadap bekerja sama dengan Secapa AD. Selain itu juga dalam proses pembangunan tempat wisata. (EVY)