Ketergantungan Gadget Bisa Jadi Bom Waktu Bagi Kejiwaan

Ilustrasi anak-anak menggunakan gadget atau gawai. (Foto: Istimewa)

Bandung – Kecenderungan orang akan gadget secara berlebihan menjadi bom waktu yang cukup menakutkan. Demikian diungkapkan Psikiater dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dokter Teddy Hidayat.

Menurut Teddy, akibat penggunaan gadget yang berlebihan, maka dalam 10 tahun mendatang akan mempengaruhi fungsi kepribadian penggunanya.

“Kita akan menunggu akibatnya bom itu kira-kira barangkali 10 atau 15 tahun yang akan datang,” ujar Teddy kepada reporter LPS PRSSNI Bandung.

Teddy menuturkan, penggunaan gadget yang berlebihan untuk bermain game atau media sosial dapat menciptakan generasi yang asosial, yaitu generasi yang tidak lagi merasa butuh orang lain, menyendiri dan tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

“Kalau itu terjadi kita tidak bisa mundur karena yang terjadi adalah perubahan dari fungsi kepribadiannya. Orang tidak perlu orang lain, dia sibuk sendiri, kepedulian sosialnya sudah menurun. Itulah nanti generasi berikutnya dan ini menakutkan bagi saya,” ungkapnya.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, lanjut Teddy, harus dilakukan antisipasi sejak dini, antara lain dengan menggunakan gadget secara bijaksana dan tidak berlebihan.***

Agustin Purnawan/ LPS PRSSNI Bandung