Kesbangpol Jabar Fokus Pilkada Sehat

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kurang dari sebulan lagi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 serentak akan dilakukan di 8 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, tepatnya pada 9 Desember 2020 mendatang.

Guna pelaksanaan Pilkada berjalan dengan aman, lancar dan sukses Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Barat terus melaksanakan rapat koordinasi persiapan Pilkada dengan sejumlah elemen, diantaranya dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, TNI/Polri, KPU dan Bawaslu .

Kepala Kesbangpol Jawa Barat, Iip Hidayat mengakui Pilkada 2020 sekarang cukup berat karena berlangsung di tengah pandemi covid-19 sehingga perlu mematuhi protokol kesehatan dalam setiap proses kegiatan Pilkada.

“Yang paling penting Pilkada kali ini adalah berbeda dengan sebelumnya karena di tengah covid, tupoksi kami adalah menjaga kondusifitas dan sehat, oleh karena itu pertemuan-pertemuan di kota/ kabupaten itu kami lebih menekankan hal itu, mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan,” ucapnya.

Iip mengakui, situasi keamanan di Jawa Barat menjelang Pilkada khususnya di 8 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada masih relatif kondusif.

“Kita berharap pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020, bisa berjalanlancar,” harap Iip, dalam acara Ekspose Media Pilkada di Jawa Barat Tahun 2020 Beberapa Temuan Awal, Jumat (20/11/2020).

Iip menyatakan, berdasarakan hasil temuan dan informasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah terjadi berbagai pelanggaran, diantaranya adanya keterlibatan Aparatur Sipi Negara (ASN) yang mendukung salah satu pasangan calon, politik uang, judi.

“Pelanggaran tersebut sudah kita tangan bersama dengan instansi terkait maupun aparat dan sebagian sudah terselesaikan,” katanya. (Parno)