Keren, Microlibrary Kini Juga Hadir Kiaracondong

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Microlibrary Manila Water di Kelurahan Babakansari, Kiaracondong, Senin (29/4/2019).

Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan Microlibrary Manila Water (perpustakaan) di Kelurahan Babakansari, Kiaracondong. Microlibrary Manila Water diresmikan oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada Senin (29/4/2019). Ini merupakan hasil kolaborasi Pemkot Bandung dengan Manila Water Filipina.

Hadirnya microlibrary ini, diyakini dapat meningkatkan lagi minat dan daya baca warga.

Oded juga menilai, kehadiran Microlibrary Manila Water ini akan menjadi fasilitas bagi masyarakat Bandung untuk membaca dan saling berbagi pengetahuan seputar literasi.

“Inilah yang dimaksud konsep desentralisasi. Infrastruktur dibangun dan didekatkan dengan masyarakat,” sambungnya.

Oded menilai, minat baca di Kota Bandung sudah jauh meningkat. Hanya saja, daya baca di masyarakat Kota Bandung masih perlu ditingkatkan lagi.

“Menurut penelitian, di Kota Bandung rata-rata orang menggunakan smartphone 3-4 jam sehari. Saat menggunakan smartphone itu, mereka pasti membaca. Tetapi, apa dulu yang dibacanya? Nah, hal ini yang Mang Oded pesankan kepada warga Bandung. Jadi, daya bacanya yang sekarang mesti ditingkatkan. Bedakan ya, minat baca dengan daya baca. Kalau minat baca, Mang Oded yakin di Bandung sudah sangat meningkat,” ajak Oded kepada masyarakat Kota Bandung.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT. Manila Water, Antonio Bautista Capati mengaku senang dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung melalui pendekatan literasi.

“Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Bandung yang sudah menggandeng Manila Water dalam pembangunan di Kota Bandung,” ujar Antonio.

Ia juga menambakan, visi Kota Bandung dalam menghadirkan kota yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis merupakan tanggung jawab bersama. Prinsip kolaborasi merupakan jalur strategis untuk mencapai tujuan tersebut.

“Sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat, kami yang juga peduli terhadap minat baca memiliki kesamaan dengan Pemerintah Kota Bandung. Dan kesamaan itu berbuah pada kolaborasi kami bersama Pemerintah Kota Bandung dalam menghadirkan Microlibrary ini,” ujarnya.

Microlibrary Manila Water berada di Jalan Babakansari, Kelurahan Babakansari, Kiaracondong Bandung. Microlibrary ini bersebelahan dengan SDN Babakansari. Bangunan microlibrary memiliki luas 72 meter persegi.

Selain perpustakaan mini, dalam Microlibrary Manila Water juga terdapat sarana bermain anak dan rooftop terbuka untuk kenyamanan pengunjung membaca buku.***