Kebakaran di Lapas Tangerang, Fadli Zon Desak Menkumham Mundur

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten, menyebabkan puluhan narapidana meninggal dunia. Anggota DPR RI Fadli Zon menyebut Menkumham Yasonna Laoly harus bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Awalnya Fadli Zon mengomentari Lapas Kelas I Tangerang yang ternyata overkapasitas. Dia menilai kondisi tersebut berarti tidak ada perbaikan sampai saat ini.

“Kapasitas lapas yang lampaui batas tampung adalah masalah klasik dari waktu ke waktu. Ternyata tak ada perbaikan,” kata Fadli lewat cuitan di akun Twitternya @fadlizon, Kamis (9/9/2021).

Fadli mengatakan pemerintah telah gagal menyelesaikan persoalan lapas secara sistemik dan fisik. Padahal, menurutnya, 41 narapidana di Lapas Kelas I Tangerang wajib dilindungi oleh negara.

“Artinya, pemerintah gagal selesaikan soal ini, baik secara sistemik maupun fisik. 41 napi warga RI wajib dilindungi tumpah darahnya,” ucapnya.

Fadli pun menilai Menkumham Yasonna Laoly sebagai salah satu yang harus bertanggung jawab atas insiden di Lapas Kelas I Tangerang tersebut. Dia mendesak Yasonna Laoly mundur dari jabatannya.

“Menkumham harus tanggung jawab. Insiden yang menewaskan 41 orang narapidana ini peristiwa besar, menyangkut nyawa orang Indonesia yang harus dilindungi. Sebaiknya Menkumham mundur kalau masih punya malu,” ujarnya.

detikcom telah berupaya meminta tanggapan Yasonna Laoly terkait cuitan Fadli Zon tersebut. Namun hingga kini belum ada respons dari Yasonna Laoly. (Sumber : news.detik.com)