Kasus Covid Meningkat, KAI Perketat Prokes

KILASBANDUNGNEWS.COM – Maraknya penyebaran kasus Covid-19 di Provinsi Jawa Barat khususnya Bandung Raya saat ini, mengharuskan kita untuk bersama-sama mencegah dan memutus mata rantai penyebarannya, seperti yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia yang terus memperketat penerapan protokol kesehatan.

Manager Humasda PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Kuswardoyo mengatakan bahwa PT KAI Daop 2 Bandung dalam menjalankan operasional perjalanan kereta api senantiasa mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan bagi semua pengguna jasa dan crew yang bertugas.

“Kami tetap membatasi 70 persen tempat duduk dari kapasitas yang tersedia, sterilisasi atau pembersihan seluruh rangkaian kereta yang akan dioperasikan dan selama dalam perjalanan, secara berkala 30 menit sekali petugas akan membersihkan bagian dalam rangkaian kereta.

Menurut Kuswardoyo, untuk KA Lokal seperti KRD Bandung Raya sekalipun, Daop 2 Bandung melakukan steriliasi dan pembersihan pada rangkaian KA, sebelum KA berangkat dari stasiun keberangkatan dengan harapkan dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19.

“Saat ini, sebelum berangkat dari stasiun keberangkatan (Stasiun Padalarang dan Stasiun Cicalengka) semua KA Lokal Bandung Raya kami sterilisasi dan bersihkan. Hal tersebut kami lakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19”, ujar Kuswardoyo, Kamis (24/6/2021).

Kuswardoyo menyatakan, selain melakukan sterilisasi di setiap stasiun pemberangkatan KA Lokal Bandung Raya, KAI Daop 2 Bandung juga melakukan tes kesehatan berkala bagi semua petugas yang hendak melakukan tugasnya daam melayani operasonal perjalanan kereta api.

“Hingga saat ini sebanyak 1785 pegawai dari total 1896 pegawai atau sebanyak lebih dari 94% pegawai di Daop 2 Bandung telah melaksanakan vaksin Covid-19 dan sudah 100% frontliner kami memperoleh vaksin Covid 19,” ujarnya. (Parno)