Kasus Covid Melonjak, RSHS Tambah Ruang Perawatan

KILASBANDUNGNEWS.COM – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, kembali menambah kapasitas ruang perawatan bagi pasien Covid-19, seiring melonjaknya kasus terkonfirmasi positif terpapar virus Corona.

Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum RSHS Bandung, Muhammad Kamaruzaman mengatakan, bed occupancy ratio (BOR) atau rasio kapasitas tempat tidur yang tersedia di ruang perawatan pasien Covid-19 RSHS Bandung 67,92 persen.

“Tingkat hunian pasien Covid yang dilayani di RSHS untuk ICU (intensive care unit) 92,85% sedangkan untuk BOR perawatan 67,92%,” kata Kamaruzaman, Jumat (9/1/2021).

Menurut Kamaruzzaman, BOR ruang perawatan pasien Covid-19 di RSHS saat ini menurun menyusul penambahan kapasitas melalui pengalihan fungsi di Gedung Kemuning 4 sebanyak 40 tempat tidur.

“Tingkat BOR perawatan ini memang keliatannya rendah karena sudah ada penambahan kapasitas melalui pengalihan funsi di Kemuning 4 menjadi 40 tempat tidur,” ucapnya.

Kamaruzzaman berharap, pasien Covid yang dirawat di RSHS Bandung bisa terus menurut dan masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Kami berharap seluruh masyarakat  tetap melaksanakan protokol AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), juga kalau bisa tetap selalu dirumah,” ujarnya. (Parno)