Jumlah UMKM di Bandung Great Sale Meningkat

Bandung – Sebanyak 3.500 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berpartisipasi pada Bandung Great Sale. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat lebih atau sekitar 56 persen dari tahun lalu.

Bandung Great Sale adalah agenda tahunan Pemerintah Kota (Pemkot). Acara ini digelar saat Hari Jadi Kota Bandung. Bandung Great sale memberikan potongan harga sebesar 10-70 persen di 4.000 tenant di seluruh Kota Bandung.

“Saya mengajak warga Kota Bandung jangan ketinggalan, Harus datang, borong semuanya, dalam rangka meningkatkan kepedulian dan mendorong UMKM agar terus maju,” tutur Ketua Dekranasda Kota Bandung, Siti Muntamah Oded saat meninjau salah satu stand Dekranasda Kota Bandung di Bandung Indah Plaza, Sabtu (20/10/2018).

Saat meninjau, Umi, sapaan akrab Siti Muntamah ditemani oleh Wakil Ketua Dekranasda Kota Bandung Yunimar.

Seperti dilansir Humas Pemkot Bandung, tahun ini, Bandung Great Sale diselenggarakan di 12 pusat perbelanjaan di Kota Bandung. Dari 12 mal itu, 7 di antaranya diisi oleh UMKM binaan Dekranasda Kota Bandung. Ketujuh mal tersebut antara lain Bandung Indah Plaza, Istana Plaza, Festival Citylink, Paris Van Java, Bandung Electronic Center, 23 Paskal, dan Trans Studio Mall.

Koordinator Pelaksana, Nuke Kusumadinata menuturkan, 7 mal tersebut dipilih berdasarkan hasil kurasi dan evaluasi Bandung Great Sale tahun lalu. Di mal itu, UMKM mendapat apresiasi lebih baik ketimbang pusat perbelanjaan lainnya.

“Jadi bukan hanya UMKM-nya yang kita kurasi. Malnya juga. Jadi kita tempatkan di mal-mal yang ramai saja,” jelas Nuke.

Para pelaku UMKM tersebut dikurasi oleh tim Dekranasda dan dapat menempati booth yang disediakan oleh Dekranasda Kota Bandung di pusat-pusat perbelanjaan itu.

“Alhamdulillah, sudah satu minggu penjualannya cukup baik,” ujar Nuke.***