Jokowi: PPKM Mikro dan Lockdown Punya Esensi Sama, Yaitu Pembatasan

KILASBANDUNGNEWS.COM – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan faktor ekonomi menjadi alasan pemerintah memilih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro, ketimbang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali atau lockdown.

“Kenapa pemerintah memutuskan PPKM Mikro? Karena pemerintah melihat kebijakan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini, untuk mengendalikan Covid-19, karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat,” ujar Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/6/2021).

Jokowi mengatakan, memang banyak masukan agar ia kembali menerapkan PPSBB hingga lockdown. Ia menghargai berbagai masukan tersebut. Tetapi pemerintah harus mengambil kebijakan dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi, sosial, politik, serta berkaca pada pengalaman negara lain.

“Dan pemerintah memutuskan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 hingga ke tingkat desa atau akar masalah yaitu komunitas,” tuturnya.

Jokowi meyakini, kasus Covid-19 bisa dikendalikan jika PPKM Mikro terimplementasi dengan baik di lapangan. “PPKM Mikro dan lockdown itu memiliki esensi yang sama yaitu membatasi kegiatan masyarakat. Untuk itu, tidak perlu dipertentangkan,” ujar Jokowi. (Sumber: tempo.co)