Jemaah Haji Jabar Kloter Pertama Tiba di Tanah Air

Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa menyambut kloter pertama haji Jabar yang tiba di tanah air. (Foto: Istimewa)

Bandung – Sebanyak 410 jemaah haji asal Kabupaten Sumedang menjadi kloter pertama rombongan haji asal Jawa Barat yang tiba di tanah air, Selasa (28/8/2018) dini hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Buchori, juga Plt Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Setda Provinsi Jawa Barat Sonny S. Adisudarma menyambut para jemaah haji di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Jalan Kemakmuran Kota Bekasi.

“Selamat datang kembali di tanah air dalam keadaan sehat walafiat. Informasi terakhir kloter ini (jumlah jemaah) berangkat sama pulangnya juga sama,” kata Iwa. “Insha Allah bapak/ibu sekalian menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Aamiin ya rabbal alamin,” lanjutnya.

Iwa mengaku pelaksanaan seluruh prosesi ibadah haji selama di Tanah Suci berjalan dengan baik. Selain itu, seluruh pelayanan dan pelaksanaan yang dilakukan kepada para jemaah berjalan semakin baik dari tahun ke tahun.

“Pelaksanaan dari para jemaah menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun pelayanan maupun kegiatan ibadah haji, khususnya Embarkasi Haji Bekasi melayani jemaah haji Jawa Barat semakin baik,” ujar Iwa seperti dilansir laman Antaranews Jabar, Selasa (28/8/2019).

Iwa berharap, setibanya di Tanah Air, para jemaah haji terus meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus terus menjaga hubungan sosial dengan masyarakat dan mereka begitu bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Jawa Barat.

“Harapannya sesuai dengan tuntunan dan arahan Al Quran dan Hadist Rasulullah SAW, bisa meningkatkan ketaatan, ketaqwaan, sekaligus meningkatkan hablum minannas, hubungan manusia,” ujar Iwa.***