Bandung – Jajaran Direksi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mulai hari ini Selasa (10/4/2018) hingga beberapa ke depan melakukan inspeksi jalur perjalanan kereta api menjelang masa angkutan Lebaran 2018 mendatang.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, dalam inspensi tersebut pihaknya melakukan pegecekan kesiapan seluruh stasiun yang dilalui pada saat operasi lebaran serta sejumlah titik-titik yang rawan bencana.

“Ini kesempatan kita untuk mengecek kesiapan dari seluruh stasiun yang akan dilalui nanti pada saat operasi lebaran, jadi ini termasuk jalur selatan, jalur utara juga ada berangkat hari ini. Kita semuanya baik komisaris, direksi hingga staf direksi itu semuanya turun untuk mengecek kesiapan nanti lebaran,” kata Edi sesaat sebelum melakukan inspeksi di Stasiun Bandung, Selasa (10/4/2018).

Menurut Edi, selain mengecek kesiapan pelayanan bagi calon peumpang pihaknya juga melakukan pengecekan titik-titik rawan, berupa titik rawan yang teknis dan non teknis termasuk perlintasan sebidang yang tidak dijaga.

Saat ini di PT KAI Daop 2 Bandung terdapat sebanyak 147 perlintasan sebidang yang dijaga, dan 361 perlintasan sebidang yang tidak dijaga/ liar.

“Yang teknis itu kalau jalur selatan paling banyak, bisa longsor, bisa ambles, bisa banjir. Kalau non teknis masih ada pelemparan meskipun itu sudah berkurang jauh. Itu yang kita cek dan kita antisipasi supaya perjalanannya aman dan nyaman,” kata Edi. ***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung