Jajaran Menteri Jokowi Kumpul di Bali, Bahas Pemulihan Ekonomi

KILASBANDUNGNEWS.COM – Jajaran menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini berkumpul di Denpasar, Bali dalam rangka Festival Ekonomi Keuangan Digital 2022 (FEKDI). Agenda ini masuk dalam rangkaian penyelenggaraan Pertemuan ketiga Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Presidency G20.

Agenda FEKDI 2022 ini dimulai dari hari ini, Senin (11/7) hingga 13 Juli 2022. Adapun tempat pertemuan ini di Bali International Convention Center Bali, Indonesia.

Berdasarkan pantauan detikcom di lapangan, pukul 08.51 WITA, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Bidang Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, hingga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Hari pertama ini, sebagai pembukaan akan dibuka oleh Menteri Bidang Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Airlangga sendiri menyampaikan sejumlah arahan wakili Presiden Joko Widodo.

Kemudian, memasuki acara pertama yang bertemakan Memajukan Ekonomi dan Keuangan Digital: Ekosistem Ekonomi Digital yang Sinergis dan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan (Advancing Digital Economy anf Finance: Synergistic and Inclusive Digital Economy Ecosystem for Accelerated Recovery).

Tema itu akan diisi oleh Menteri Bidang Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selain itu, sesi selanjutnya akan diisi oleh pengusaha Indonesia. Seperti Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Santoso Liem, Ketua Asosiasi Financial Technology (Fintech) Indonesia Pandu Satria Sjahrir, Wakil Menteri BUMN II sekaligus Ketua Asosiasi Perbankan Nasional (Perbanas) Kartiko Wirjoatmojo, dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid.

Kemudian, selain agenda FEKDI 2022 nantinya di hari berikutnya, akan ada pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral seluruh anggota G20, selama 13-17 Juli.

Terdapat berbagai side events yang terkait pertemuan tersebut. Terdapat empat tema yang akan menjadi pembahasan, yakni Digital Economy and Finance, Policy Normalization, Green Inclusion and Sharia Economy, dan International Taxation. (Sumber : Detik.com)