Jabar Tuan Rumah Gernas BBI

KILASBANDUNGNEWS.COM – Provinsi Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang akan berlangsung selama bulan April 2021 mendatang.

Event Gernas BBI yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Koperasi UKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk mempromosikan dan menawarkan produk UMKM lokal.

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, meminta masyarakat bersiap untuk bertransaksi digital karena produk UMKM yang dijual sebagian besarnya akan dijual secara online.

“Jangan hanya UMKM yang dipaksa untuk on boarding digital, masyarakat juga harus dipaksa untuk melakukan transaksi digital,” ujarnya usai rakor persiapan Gernas BBI Jabar bersama Menteri Koperasi UKM, serta Kepala KPw BI Jabar, Minggu (21/3/2021) di Gedung Sate, Kota Bandung.

Menurut Gubernur, Gernas BBI yang dilakukan selama satu bulan penuh sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi di era pandemi Covid-19 karenanya pelaku UMKM harus menerima produknya dikritisi agar dapat berkembang dan berani bersaing dengan produk lain.

“Saya pun melihat produk yang dihasilkan UMKM itu berkualitas dan sangat bagus, maka dari itu harus mau dikritisi agar dapat berkembang. Saya yakin dengan teamwork semuanya akan berjalan lancar dan saya juga ingin berada dalam tim tersebut,” ungkap Gubernur, yang juga brand ambassador atau key opinion leader (KOL) Gernas BBI.

Gernas BBI akan dilaksanakan secara hybrid, ada yang mengikuti via online dan bisa juga secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Berbagai kegiatan akan digelar diantaranya akan ditampilkan berbagai produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif hingga pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan, dan business matching, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jabar secara nasional. (Parno)