Jabar Siapkan Tiga Paket Obat Gratis untuk Pasien Covid-19

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyiapkan tiga paket obat-obatan untuk pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Paket obat ini akan dikirim sesuai dengan permintaan pasien.

Tiga paket itu, meliputi Paket A khusus pasien Covid-19 tanpa gejala, Paket B bagi yang bergejala ringan, sementara untuk Paket C akan diberikan bagi yang bergejala sedang.

“Tadi terbagi tiga yang dikirim obat paket A itu khusus OTG hanya vitamin suplemen, Paket B gejala ringan dengan obat antibiotik dan antivirus.

Juga yang Paket C itu antivirusnya lebih keras dan mudah-mudahan sembuhnya juga lebih cepat,” kata Emil dikutip dari keterangan resmi, Jumat (9/7).

Berdasarkan data per Kamis (8/7), jumlah pengakses telekonsultasi isoman sebanyak 4.931 orang dengan total pesan atau pertanyaan mencapai 14.082 pesan.

Sedangkan jumlah permohonan vitamin sebanyak 8.896 orang, dan 6 permohonan untuk obat. “Ada 8 ribuan warga yang memohon bantuan obat-obatan dan vitamin, dan ada 11 ribuan pertanyaan konsultasi kepada tim dokter.

Kurang lebih ada 13 tim dokter yang disediakan memberikan konsultasi oleh Dinkes Jabar,” ujar Emil. Emil memastikan suplai vitamin dan obat dapat terjangkau dengan tepat sasaran.

Selain itu, pengiriman obat pun dilakukan satu hari, dan langsung menuju pasien yang tengah menjalani isoman.

“Kami juga bekerja sama dengan kurang lebih 10 perusahaan farmasi sehingga Insyaallah menjamin suplai obat dengan harga terjangkau dan tepat sasaran,” katanya.

Terpisah, salah satu pasien Covid-19 Rizky Perdana mengatakan paket vitamin yang ia terima dapat membantu proses pemulihan usai terkonfirmasi positif pada 1 Juli 2021. “Sebagai pasien isoman gejala ringan, bantuan vitaminnya cukup membantu untuk persediaan vitamin di rumah.

Jadi, tidak perlu minta tolong orang di rumah untuk keluar membeli vitamin. Tinggal tunggu saja, nanti sampai,” kata Rizky.

Menurut Rizky, proses permohonan bantuan paket obat dan vitamin melalui fitur Isoman di portal Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar) tergolong mudah.

“Ini cukup mudah, tinggal klik link, lalu isi-isi data diri lengkap dan tunggu datang, cuma kalau bisa dikombinasi sama fitur telemedicine jadi bisa sekaligus konsultasi dan mengajukan obat,” ujarnya. Hal senada dikatakan Fabiola Ratih.

Menurutnya, fitur Isoman di portal Pikobar sangat mudah diakses. “Sangat membantu, saya terima vitamin dan fitur Isoman itu mudah untuk diakses,” tuturnya. (Sumber : cnnindonesia.com)