Iwan Bule Sowan ke Mang Ihin

KILASBANDUNGNEWS.COM – Komjen Pol (Purn) Muhammad Iriawan atau lebih dikenal dengan Iwan Bule mendatangi rumah tokoh sunda Solihin Gautama Purwanegara atau akrab disapa Mang Ihin yang juga mantan Gubernur Jawa Barat.

Menurut Mantan Kapolda Jawa Barat ini, kedatangan ke rumah Mang Ihin untuk silaturahim setelah lama tidak berkunjung akibat covid sehingga pemilik rumah membatasi tamu yang datang.

“Kunjungan saya ke beliau, beliaukan orang tua saya, sudah sewajarnya sebagai anak silaturahmi ke orang tua, beliau adalah sesepuh Jawa Barat,” ucap Iriawan, saat berada di rumah Mang Ihin, Sabtu (21/11/2020).

Iriawan mengatakan, selain untuk bersilaturahim dalam kunjungannya drinya selalu meminta nasehat berbagai macam hal termasuk persepabkolaan di tanah air.

“Beliau banyak memberikan petuan kepada saya, selaku beliau sesepun maupun dulu Gubernur Jawa Barat kami meminta nasehat beliau kalau ada nasehat baik itu sepakbola maupun hal lain,” katanya.

Iriawan datang bersama rombongan sambil membawa buah tangan berupa  gulai kambing dan sate kambing Hadori yang memang selalu dibawa bila berkunjung ke rumah Mang Ihin yang berada di Cisitu.

Keduanya nampak berbincang akrab karena memang sudah relatif agak lama kedua jenderal ini tidak bertemu di darat.sehari sebelumnya keduanya berbincang melalui telepon kemudian Mang Ihin mengundang Iriawan untuk datang ke rumahnya.

Muhammad Iriawan adalah orang yang ditugaskan oleh Solihin GP untuk melanjutkan ketokohan kesundaan dan menjaga Jawa Barat.pendelegasian tugas ini dilakukan sejak 12 Mei 2018.

Pada saat itu terkumpul seluruh pimpinan dan tokoh adat dan kampung adat di Jawa barat. mereka menyaksikan prosesi pemberian tongkat estafet penjagaan lembur Sunda oleh Solihin GP kepada kang ibul di Bumi Sangkuriang, Bandung.

Sejak penyerahan tongkat estafet itu memang ada beberapa persoalan yang coba diselesaikan oleh Iriawan, salah satunya mengenai keberadaan kampung adat di wilayah Jawa Barat. (Parno)