Inilah Daerah di Jabar yang Capai Kemajuan Pembangunan Manusia Paling Cepat

Ilustrasi

Bandung – Tiga daerah yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut dan Kota Tasikmalaya  tercatat memiliki kemajuan pembangunan manusia paling cepat di antara daerah lain di Jawa Barat selama periode 2016 hingga 2017. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kemajuan pembangunan Kabupaten Karawang sebesar 1,45 persen, Kabupaten Garut 1,38 persen dan Kota Tasikmalaya 1,32 persen.

Menurut Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Dody Herlando, kemajuan pembangunan manusia ke-3 kabupaten/kota ini didorong oleh perbaikan dimensi pendidikan yang terus dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing.

“Pencapaian pembangunan manusia di tingkat kabupaten/kota cukup bervariasi, IPM pada level kabupaten/ kota berkisar antara 63,70 (Cianjur) dan 80,31 (Kota Bandung),” kata Dody, kepada wartawan di Kantor BPS Jabar, Senin (07/05).

Dody menambahkan, kemajuan pembangunan manusia pada tahun 2017 juga terlihat dari perubahan status pembangunan di tingkat kabulaten/kota, dimana daerah yang berstatus “sedang” berkurang dari 16 menjadi 15 sedangkan 10 daerah berstatus “tinggi”.

“Mulai tahun 2017 mengalami perubahan status dari “tinggi” menjadi “sangat tinggi” dan ada 2 daerah yang mencapai pembangunan manusia “sangat tinggi”  yaitu Kota Bandung dan Kota Bekasi,” ucapnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung