Industri Padat Karya Fokus Vaksinasi Menuju “Herd Immunity”

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berkolaborasi dengan Polda Jawa Barat secara maraton terus berupaya aksselerasi pembetukan “herd immunity” untuk perusahaan-perusahaan sehingga pada saatnya perusahaan akan siap untuk beroperasi 100 persen dengan lebih nyaman dan lebih tenang tidak lagi dibayang bayangin oleh penularan virus Covid-19.

Ketua DPP Apindo Jawa Barat, Ning Wahyu Astutik mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 650 perusaahan anggota Apindo Jawa Barat sudah melakukan vaksinasi dengan sekitar 350.000 karyawan sudah tervaksin.

“Jumlah tersebut akan terus bertambah karena kegiatan vaksinasi juga terus dilakukan,yang terbaru adalah PT Metro Pearl Indonesia, PT Glostar Indonesia 1, PT Pou Yuen Indonesia dan PT Muara Tunggal,” ucapnya.

Menurut Ning, dalam kegiatan vaksinasi kali ini Apindo Jawa Barat menyasar perusahaan-perusahaan padat karya terlebih dahulu, karena perusahaan padat karya banyak melibatkan puluhan ribu karyawan dalam satu lokasi dengan tingkat risiko penularan yang sangat tinggi.

“Dengan mengedapankan padat karya ini diharapkan membantu mempercepat “herd immunity” masyarakat sehingga kegiatan berusaha akan terus bisa berjalan dan ekonomi akan kembali bangkit,” katanya.

Ning mengakui, tidak semua karyawan berani melakukan vaksinasi sehingga hal tersebut menjadi tantangan untuk perusahaan dan memicu perusahaan bekrerasi untuk melakukan edukasi, promosi dan kampanye pentingnya melakukan vaksinasi.

“Ada perusahaan yang memberikan ceramah-ceramah di masjid perusahaan, pengumuman-pengumuman dan ajakan melalui banner, menggunakan speaker di setiap gedung,menggunakan atribut ajakan vaksin seperti t-shirt, pin, dan sejenisnya. Bahkan ada perusahaan yang melakukan terobosan luar biasa untuk menarik perhatian karyawan untuk mengikuti vaksinasi hingga mengadakan doorpize kepada karyawan berupa iPhone 12, laptop, smart watch, voucher belanja, dll,” tuturnya.

“Bahkan saya mendengar langsung dari pimpinan perusahaan Pou Yuen Indonesia, Pak Hendrick menyebutkan bahwa mereka melakukan program doorprize dengan berbagai macam hadiah.Tidak hanya Pou Yuen Indonesia hal serupa dilakukan oleh PT. Glostar Indonesia 1 Sukabumi seperti yang disebutkan Ibu Lisa dan Mr. Chou,” imbuhnya.

Ning menambahkan, edukasi-edukasi seperti ini cukup efektif, seperti yang dilakukan perusahaan PT Metro Pearl Indonesia, melalui edukasi ini banyak karyawannya yang secara sukarela ikut divaksin. Termasuk di PT Muara Tunggal yang juga sangat proaktif dalam melakukan inisiasi untuk mengadakan kegiatan vaksinasi.

“Seperti yang disampaikan Direktur Metto Pearl Indonesia, Anto Tsai, antusias karyawan pada sesi kedua vaksinasi meningkat hingga 30% dari sesi sebelumnya. Di PT Muara Tunggal, para karyawan mampu menjadi sukarelawan panitia pelaksana, dan mengatur segala sesuatunya menjadi sangat teratur, tertib dan lancar,” tuturnya.

Ning berharap, kegiatan akselerasi vaksinasi ini bisa terus dilaksanakan secara maksimal tanpa lelah dan dilakukan secara berkelanjutan di seluruh daerah di Jawa Barat.

“Dengan upaya seperti ini saya harap “herd immunity” di perusahaan-perusahaan bisa cepat terbentuk sehingga akan mempercepat pertumbuhan perekonomian di Jabar,” pungkasnya. (Parno)