HUT Ke-74 RI, KAI Berlakukan Tiket KA Lokal Rp0

Bandung – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia sekaligus sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk KA Lokal/Komuter PSO (subsidi) dan Perintis.

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro mengatakan, bagi masyarakat yang ingin menikmati perjalanan tanpa biaya dengan kereta bisa naik untuk perjalanan pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

“Promo ini merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan hari lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.

Menurut Edi meski gratis, sebelum naik kereta masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp.0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go-show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

“Kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api, kami harap masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin promo Rp0 ini dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi masyarakat,” ucapnya.

Dan untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA dengan syarat harus menunjukkan tiket / boarding pass / e-boarding pass ke petugas di stasiun.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea Bridara menyatakan untuk di wilayah Daops 2 Bandung ada sekitar 5 jurusan yang masuk dalam tarif Rp 0, yaitu KA Cibatuan relasi Purwakarta – Cibatu (pp), KA Ekonomi Lokal Bandung Raya, KA Siliwangi relasi Ciranjang – Cianjur -Sukabumi (pp), KA Cilamaya/Cepat Purwakarta relasi Purwakarta – Tanjung Priok (pp) dan KA Walahar Ekspres/ Ekonomi Lokal relasi Tanjung Priok – Purwakarta (pp).

“Untuk KA Bandung Raya Ekonomi Kiaracondong-Cicalengka, Cicalengka- Padalarang, Bandung -Cicalengka, Padalarang-Cibatu, Purwakarta- Cicalengka, Padalarang- Bandung dan KA Padalarang-Kiaracondong,” tutur Noxy, di Stasiun Bandung, Kamis (15/8/2019).***


Rep: Suparno Hadisaputro