Hadapi Ramadhan dan Lebaran, BI Jabar Siapkan Rp17,45 T

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bank Indonesia memastikan bakal menyiapkan berbagai skema guna memastikan tersedianya uang yang layak edar di Jawa Barat dan sejumlah bank pun telah memastikan bekerja sama dengan BI untuk pemenuhan tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto mengatakan, telah menyiapkan kebutuhan uang tunai selama Ramadan dan Idul Fitri tahun 2021 di wilayah Jabar (di luar Bogor, Depok dan Bekasi). Nilainya, diperkirakan mencapai Rp.17,45 triliun.

“Angka tersebut turun sebesar 19,44% dibandingkan periode tahun lalu sebesar Rp21, 66 triliun. Kami memperkirakan, penurunan kebutuhan uang tunai akibat banyaknya warga yang sudah beralih menggunakan uang digital,” kata Herawanto, di Kantor BI Jabar, Jl Braga Kota Bandung, Senin (19/4/2021).

Menurut Herawanto, uang senilai Rp.17,45 triliun tersebut untuk semua daerah di Jawa Barat, masing-masing wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) sekitar Rp3,19 triliun dan Priangan Timur sebesar Rp2,05 triliun, dan sisanya Rp12 juta untuk Bandung Raya dan lainnya.

“Jumlah kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri tersebut naik empat kali lipat dari rata-rata kebutuhan uang per bulan dalam kondisi normal,” ucapnya.

Herawanto menambahkan,pihaknya telah melakukan kerjasama dengan perbankan untuk layanan penukaran uang melalui loket bank (Bank Umum dan BPR) dengan 559 titik layanan penukaran selama Ramadan tahun 2021 dan sudah dapat dilakukan mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021 mendatang.

“Untuk tahun ini, layanan penukaran uang hanya disediakan melalui loket-loket di bank, sementara layanan kas keliling ditiadakan, sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Regional Head of PT Bank Danamon Indonesia, Pinastika Junia mengatakan, pihaknya telah siap untuk membantu masyarakat yang membutuhkan penukaran uang yang layak edar dalam menhadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Selain menyiapkan di kantor-kantor, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seluruh perbankan yang tergabung dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jabar. telah menyiapkan di seluruh Anjungan Tunai Mandiri (ATM),” imbunya. (Parno)