Hadapi Libur Lebaran Telkom Perkuat Konektivitas Jaringan

Bandung – PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Regional III Jawa Barat menyiagakan sekitar 1.800 personel untuk menjaga konektivitas jaringan dalam menghadapi libur Idul Fitri 1440 Hijriah.

Executive Vice President (EVP) PT. Telkom Regional III, Edwin Aristiawan mengatakan, para personel tersebut berjaga selama 24 jam di posko-posko masing-masing daerah mulai 29 Mei hingga 13 Juni 2019.

“Sesuai komitmen kita untuk menjaga layanan jaringan telekomunikasi tidak boleh ada gangguan, kita turunkan ribuan teknisi lapangan dan pengendali di kantor,” kata Edwin, kepada wartawan Minggu (26/5/2019) malam.

Menurut Edwin, pihaknya juga melakukan penguatan konektivitas disejumlah lokasi guna menghadapi libur Idul Fitri 1440 Hijriah dan mendukung sejumlah instansi seperti Kepolisian dan Kementerian Perhubungan serta Dinas Perhubungan Jawa Barat serta Dinas Perhubungan kota dan kabupaten di Jawa Barat.

“Penguatan konektivitas jaringan dilakukan untuk menghubungkan ratusan perangkat CCTV yang tersebar di sejumlah titik jalur mudik di Jawa Barat dengan pusat kendali lalu lintas, sehingga akan memudahkan instansi terkait dalam memantau situasi arus lalu lintas, pusat-pusat keramaian selama libur Idul Fitri,” ucapnya.

Menurut Edwin, untuk menjaga konektivitas jaringan terjaga dengan baik pihaknya sudah melakukan sejumlah pemeliharaan dan penggantian komponen perangkat jaringan yang telah melebihi waktu penggunaan yang dapat memperlambat transfer data dari CCTV.

“Pemeliharaan kita lakukan di area publik area, seperti alun alun, kebun binatang, mal, tempat rekreasi, kalau pun rusak biasamya karena tertimpa pohon yang roboh atau tertabrak,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro