Gubernur Lelang Kaos Bergambar Masjid Syekh Ajlin

Bandung – Guna mengumpulkan donasi bagi pembangunan Masjid Besar Indonesia Pertama di Gaza Palestina atau Masjid Syekh Ajlin, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Yayasan Pembina Masjid Salman melalui Badan Wakaf Salman ITB serta Muslimapp melakukan berbagai upaya untuk memenuhi anggaran pembangunan masjid tersebut yang mencapai Rp20 miliar.

Salah satu cara mengumpulkan donasi untuk pembangunan Masjid Syekh Ajlin, yaitu dengan lelang kaos bergambar masjid tersebut yang dilakukan Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil di sela-sela acara Jawa Barat Peduli Palestina yang berlangsung di Masjid Salman ITB, Minggu (27/1/2019).

Dalam acara lelang yang dihadiri oleh para jemaah dan tamu undangan yang hadir, langsung dilakukan oleh Gubernur, dengan harga dibuka mulai Rp1 juta dan langsung disambut acungan tangan sejumlah jamaah yang hadir.

Dalam beberapa saat, lelang langsung menuju ke harga Rp20,5 juta hingga akhirnya lelang ditutup di harga Rp50 juta dan langsung kaos lengan panjang berwarna dominan hitam dan bergambar bendera Palestina serta masjid tersebut langsung diserahkan kepada pemenang lelang.

Selain menggelar lelang untuk mencari donasi pembangunan Masjid Syekh Ajlin di Gaza Palestina, pihak panitia juga mengadakan 1 juta tandatangan. Masyarakat yang membubuhkan tandatangan di atas spanduk, mereka langsung mendonasikan uangnya di kotak yang sudah disediakan panitia.

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil mengharapkan, dengan berbagai upaya yang dilakukan penggalangan dana untuk pembangunan Masjid Syekh Ajlin bisa terpenuhi dalam kurun waktu 3 bulan ke depan sejak sejak dilaunching Minggu (27/1/2019).

“Feeling saya dengan adanya berbagai kegiatan termasuk beberapa¬† nomor telepon di hp saya, dana 20 miliar ini terkumpul dalam 3 bulan,” kata Emil.

Gubernur juga menghimbau seluruh elemen masyarakat di Jawa Barat bisa berkontribusi dengan menyisihkan rezekinya untuk pembangunan masjid yang rencananya dibangun di atas tanah 1.200 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 1.500 meter persegi.

“Seluruh¬† masyarakat Jabar termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa mendonasikan untuk pembangunan masjid ini, saya juga himbau kepada BJB kalau memungkinkan nasabahnya bisa ikut mendonasikan,” katanya.

Sementara itu, Direktur Badan Wakaf Salman ITB, Muhammad Khirzan Nazar Noe’man mengatakan, selain melakukan kegiatan lelang dan 1 juta tandatangan, untuk mengumpulkan donasi pembangunan Masjid Syekh Ajlin pihaknya juga menyiapkan aplikasi bagi masyarakat yang akan mendonasikan uangnya.

“Donasi dapat dilakukan melalui aplikasi ‘Muslimapp’ yang dapat diinstall melalui Google Play atau transfer ke rekening BNI Syariah no rekening 800-500-4003 an YPM Salman ITB dan BNI Syariah no rekening 5505-5033-35 an Yayasan Aman Palestin Indonesia,” ucapnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro