Gubernur Imbau Cek Seluruh Instalasi Listrik Pasar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded M Danial saat acara Halal Bihalal dengan seluruh kepala daerah di Jawa Barat di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (11/6/2019).

Bandung – Terjadinya kasus kebakaran di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung yang terjadi secara beruntun menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil menghimbau, kepada Pemerintah Kota Bandung khususnya PD Pasar Bermartabat Kota Bandung untuk melakukan pengecekan instalasi listrik yang ada di pasar-pasar tradisional.

“Ceritanya beruntun terus, cuman mengingatkan kalau beruntun waktu dekat berarti jangan-jangan sistemik kan gitu, jadi saya agar PD Pasar dan Pemkot Bandung mengecek semua sisanya kan, diluar Pasar Kosambi dan Ujung Berung,” ucapnya.

Menurut Gubernur, berdasarkan data yang diperoleh, bahwa sebagian besar kebakaran khususnya pasar tradisional dan rumah, terjadi lebih didominasi oleh akibat terjadinya arus pendek listrik.

“Kita ada kerjasama dengan asosiasi KUPER internasional akan menginspeksi mayoritas rumah-rumah di Jawa Barat,” kata Gubernur, dalam sebuah acara di Gedung Sate.

Sebelumnya telah terjadi insiden kebakaran di dua pasar di Kota Bandung yang waktunya berdekatan, yaitu Pasar Kosambi dan Ujungberung yang penyebabnya diduga akibat hubungan arus pendek.***


Rep: Suparno Hadisaputro