Gernas BBI dan BWI Bangkitkan UMKM Jabar

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI) di sepanjang bulan April, dengan Kementerian Koperasi dan UKM merupakan event spesial karena akan menjadi ajang sinergi dan kolaborasi dari kegiatan Bank Indonesia Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dekranasda Jawa Barat dan stakeholders yang ada di Jawa Barat dalam rangka mengembangkan UMKM di level lokal menuju level nasional, dengan dukungan Kementerian Koperasi dan UKM.

Kegiatan Gernas BBI dan BWI April 2021 mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreatifitas Menuju UKM Jabar Teratas”, dan tagline UMKM Jabar Paten, UMKM Juara ini, akan mengikutsertakan lebih dari 11.000 UMKM unggulan Jawa Barat.

Pelaksanaan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat yang dilaksanakan sebagai dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI Jawa Barat ini merupakan upaya berkesinambungan yang untuk menciptakan New UMKM Jawa Barat secara end-to-end sebagai kekuatan ekonomi nasional yang tumbuh berdaya saing, bercirikan pemanfaatan digital, khususnya untuk mendukung promosi dan pemasaran secara virtual, sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi optimal terhadap perekonomian tidak hanya Jawa Barat, tapi juga nasional di masa pandemi maupun paska pandemi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Herawanto mengatakan, semua pihak ikut bergerak dan berkolaborasi untuk membangkitkan UMKM di Jawa Barat.

“Bulan April ini, kolaborasi di Jabar sangat luar biasa. 27 kabupaten/kota bergerak, kemudian kantor kami di tiga titik juga ikut berpartisipasi, dan juga Dekranasda. In Syaa Allah ada showcase pembelian oleh perbankan kepada UMKM,” kata Herawanto, dalam acara JAPRI (Jabar Punya Informasi) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (1/4/2021).

Herawanto juga melaporkan, pada April 2021, pihaknya bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi Jawa Barat akan menggelar Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Gernas BBI.

“Pokoknya bulan April ini milik sepenuhnya Provinsi Jabar dalam mendorong kemajuan UMKM, karena kami bersama Dekranasda menyelenggarakan KKJB sebagai bagian tak terpisahkan gerakan nasional BBI,” imbuhnya. (Parno)