Germas Dinkes Mendata Kesehatan Keluarga Oded

Petugas mendata kesehatan keluarga Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial untuk Pendataan Keluarga Sehat 2017, Rabu (29/8/2018).

Bandung – Pendataan Keluarga Sehat 2017 terus berlangsung di Kota Bandung. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi keluarga dan lingkungan tempat tinggal.

Pada Rabu (29/8/2018), Puskesmas Pasirkaliki menerjunkan tim untuk mendata di wilayah kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo. Salah satunya, petugas mendata kediaman Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Jalan Karya II nomor 2 RT 03 RW 01 Kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Kota Bandung.

Petugas Keluarga Sehat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Prokesif Dinas Kesehatan Kota Bandung mengawali pendataan dengan wawancara, tanya jawab tentang indikator PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam keluarga. Termasuk juga mendata kelayakan fasilitas kebersihan seperti air, kamar kecil dan lingkungan sekitar rumah. Selain itu, Oded bersama isteri pun melakukan cek tekanan darah.

Pelaksanaan kegiatan pendataan tersebut mendapat apresiasi positif Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Menurut Oded, petugas sangat siap memeriksa, mewawancarai, serta melihat dan memeriksa kesehatan anggota keluarga.

‚ÄúSebagai masyarakat yang sehat, perlu berperilaku sehat juga. Hal itu dilakukan sesuai dengan indikator yang sudah diberikan. Saya harap, setelah dicanangkan dan dilaksanakan kegiatan ini, warga masyarakat mampu berperilaku hidup sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, tujuan pendataan yaitu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan segera.

“Pendataan ini untuk pelayanan kepada masyarakat serta mengetahui kondisi kesehatan anggota keluarga,” tuturnya.

Rita menambahkan, petugas datang untuk melihat secara langsung sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan keluarga dan lingkungannya.

“Kita berkunjung ke rumah-rumah itu akan lebih mudah mendapatkan data lengkap serta kondisi. Pendataan ini dilakukan sampai bulan Desember 2018,” ujarnya.

Menurut Rita, pendataan seperti itu juga agar masyarakat Bandung semakin paham dan mengerti perilaku hidup sehat.

“Setiap petugas menjelaskan kepada masyarakat tentang kesehatan. Itu agar masyarakat Bandung lebih paham mengenai hidup sehat,” kata Rita.

Demi keberhasilan program tersebut, PKK Kota Bandung pun mengerahkan anggotanya untuk ikut serta kegiatan tersebut. Menurutnya, peran Wakil Ketua l TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded MD cukup penting untuk kesehatan masyarakat.

“Kami terus dorong PKK agar terus memberikan pemahaman tentang kesehatan dan pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat menyebutkan bahwa pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

Di tingkat Puskesmas, hal tersebut dilakukan dengan mendata kesehatan seluruh anggota keluarga. Puskesmas juga membuat dan mengelola pangkalan data, menganalisis dan merumuskan masalah kesehatan. Semua itu dalam upaya promotif, preventif dan rehabilitatif.***