Gelaran KKJ-PKJB 2024 Targetkan Omset Rp15 M

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bank Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali menyelenggarakan Karya Kreatif Jawa Barat & Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024. Gelaran KKJ-PKJB 2024 ini merupakan salah satu wujud peran Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM melalui perluasan akses pasar produk unggulan Jawa Barat, dan mendorong daya saing UMKM kreatif Jawa Barat guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Rangkaian kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang mendukung Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI), serta merupakan kegiatan Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI). Penyelenggaraan KKJ-PKJB tahun ini juga merupakan penyelenggaraan yang keenam kalinya di Jawa Barat.

KKJ-PKJB 2024 mengusung tema “Sinergi Memperkuat Ekonomi Hijau, Keuangan Digital dan Inklusif serta Iklim Investasi untuk Kemandirian Ekonomi Jawa Barat yang Berkelanjutan”. KKJ-PKJB 2024 ini akan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 28-30 Juni 2024 bertempat di Trans Convention Center dan Atrium Mall TSM Bandung.

Tujuan dari gelaran KKJ-PKJB 2024 adalah mendorong pertumbuhan serta kemandirian ekonomi Jawa Barat yang berkelanjutan melalui: Ekonomi Hijau, melalui program (1) Apresiasi UMKM Hijau 2024 & Webinar UMKM Hijau berupa pemberian apresiasi, feedback dan pendampingan pengembangan UMKM Hijau; (2) Showcasing, edukasi dan literasi UMKM Hijau; (3) Pembiayaan UMKM Hijau; dan (4) Zero Waste Event melalui pengelolaan pilah-pilih sampah post event untuk reuse & recyle bersinergi dengan Bank Sampah Bersinar

Keuangan Digital, melalui (1) QRIS Jelajah Indonesia; (2) Fasilitasi Digitalisasi Pembayaran khususnya QRIS pada seluruh showcase produk UMKM; (3) Layanan Digitalisasi Kependudukan dan Pembayaran Pajak, Literasi Keuangan SI APIK, dan (4) Layanan Produk Digital Perbankan

Inklusif, melalui (1) Sosialisasi Edukasi QRIS dan PeKA; (2) Talkshow “Tantangan Perlindungan Konsumen”; (3) Talkshow Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga berdasarkan Prinsip Syariah; dan (4) Booth Coaching Clinic sinergi dengan OJK

Iklim Investasi melalui gelaran (1) West Java Industrial Meeting (WJIM); (2) Investment Challenge; (3) Investment Roadshow; dan (4) West Java Investment Summit (WJIS).

Seluruh rangkaian kegiatan Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat akan menampilkan showcasing produk kriya, fashion, kuliner dan industri kreatif premium lebih dari 100 UMKM Unggulan Jawa Barat. Selain itu acara akan dimeriahkan dengan interactive booth, sesi edukasi literasi mendukung konsumen cerdas dalam mengakses produk layanan keuangan dan pembayaran, berbagai fashion show dan helaran yang akan menampilkan secara detail produk-produk unggulan Jawa Barat secara interaktif.

Soft Opening KKJ-PKJB 2024 akan dilaksanakan pada Sabtu, 22 Juni 2024, bertempat di Pelataran Atrium Braga City Walk, kawasan BEKEN (Braga Bebas Kendaraan), yang juga sebagai penanda awal dimulainya seluruh rangkaian KKJ-PKJB 2024. Pada gelaran soft opening KKJ-PKJB 2024 ini, akan dilakukan opening Pasar Kreatif Kota Bandung bekerja sama dengan Dekranasda Kota Bandung. Akan ditampilkan pula showcasing UMKM Jawa Barat terpilih, Ngabaraya Fashion Walk (finalis 10 Besar), dengan hiburan dari Ten2Five, Manshur Angklung serta beberapa artis Jawa Barat lainnya.

Opening Ceremony KKJ-PKJB 2024 akan dilaksanakan pada Jumat, 28 Juni 2024 mulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan yang akan bertempat di Trans Convention Center ini akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perdagangan, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ibu Aida S. Budiman, Ketua Dekranasda Nasional, Ibu Wury Maruf Amin, dan Pj. Gubernur Jawa Barat, Bp. Bey Triadi Machmudin. Dalam sesi ini juga akan dilakukan peresmian pembukaan KKJ-PKJB 2024, Penandatanganan Kerjasama Antar Daerah (KAD) d/r GNPIP untuk Pengendalian Inflasi, Pelepasan Ekspor UMKM Binaan BI Jawa Barat, Pengumuman Pemenang West Java Investment Challenge dan Peresmian QRIS Jelajah Nusantara.

Business Matching UMKM Unggulan Jawa Barat dengan Perbankan yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Juni 2024 pukul 15.30 WIB. Business Matching tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan dan akses pembiayaan perbankan kepada UMKM potensial. Pembiayaan tersebut diperlukan bagi UMKM guna meningkatkan kapasitas produksi guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Berbagai Inspirative Seminar, Talkshow and Workshop, diantaranya adalah sebagai berikut: West Java Tourism Talk (WJTT) akan dilaksanakan pada Jumat, 28 Juni 2024 pukul 13.00 WIB bertempat di Main Atrium TSM. Workshop Olahan Pangan yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2024 pukul 08.00 WIB di Main Atrium TSM. Bincang Literasi dan Motivational Talks yang akan mengangkat kisah inspiratif dari buku “Educated” yang ditulis oleh Tara Westover.

Sosialisasi Edukasi: QRIS dan Perlindungan Konsumen yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2024 mulai pukul 15.30 WIB bertempat di Main Atrium TSM. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat literasi ekonomi keuangan digital Masyarakat Jawa Barat yang disertai dengan sesi edukasi yang interaktif dan berbagai games menarik bagi para pengunjung. Talkshow UMKM Ekspor yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2024 mulai pukul 16.00 WIB bertempat di Trans Convention Center. Talkshow Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga berdasarkan Prinsip Syariah yang akan dilaksanakan pada Minggu, 30 Juni 2024 mulai pukul 10.00 WIB bertempat di Main Atrium TSM.

Ngabaraya Fashion Walk dan West Java’s Young Fashion Designer Competition yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2024 mulai pukul 18.30 WIB di Trans Convention Center. Cinta Bangga Paham Rupiah Championsip yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2024. CBP Rupiah Championship ini merupakan rangkaian kompetisi untuk siswa/i SD, SMP dan SMA bertemakan kampanye CBP Rupiah. Sebagai pamungkas, Closing Ceremony KKJ-PKJB 2024 akan diselenggarakan pada Minggu, 30 Juni 2024 mulai pukul 15.30 WIB bertempat di Trans Convention Center.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jabar M. Nur mengatakan, di tahun 2024 ini, gelaran KKJ-PKJB 2024 menargetkan peningkatan jumlah omset penjualan dan pembiayaan perbankan kepada UMKM sebesar Rp15 M.

“BI Jawa Barat dan Pemprov Jawa Barat telah mempersiapkan berbagai strategi guna mencapai target tersebut seperti mengikutsertakan para UMKM Unggulan dan Premium mitra BI Jawa Barat dan Pemprov Jawa Barat; Pemilihan lokasi Trans Convention Center dan Atrium Trans Studio Mall yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbaik di Kota Bandung dengan jumlah pengunjung yang besar,” ucapnya. (Parno)