Vaksin Covid-19 dan Masker Bagai Payung saat Hujan

KILASBANDUNGNEWS.COM – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito menganalogikan vaksin Covid-19 dan masker sebagai payung di saat hujan. Payung tak dapat menghentikan air berjatuhan, tetapi akan bisa melindungi agar tetap kering.

Hal itu serupa seperti penggunaan masker dan mengikuti vaksinasi saat pandemi. Ganip menegaskan, Covid-19 tak akan hilang, tetapi masker dan vaksinasi akan mampu melindungi diri dari paparan virus dan mencegah terjadi pemburukan kondisi.

“Penggunaan masker dapat melindungi kita dari paparan Covid-19, vaksinasi juga mampu mencegah terjadinya pemburukan apabila terpapar,” ujar Ganip pada Minggu (12/9).

Dalam peninjauan vaksinasi di Pendopo Aspirasi DR Ahmad Basarah, Karang Ploso, Kabupaten Malang, Ganip pun kembali mengingatkan masyarakat bahwa seseorang yang sudah divaksin tetap harus memakai masker.

Menurutnya, diperlukan perubahan perilaku masyarakat terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, yaitu kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Terlebih, saat ini pemerintah tengah mencanangkan transisi dari pandemi menjadi endemi.

Di tengah kondisi pandemi yang melandai, Ganip menekankan siapapun tetap harus menjalankan protokol kesehatan, khususnya memakai maser.

Pada kesempatan tersebut, Ganip juga menyerahkan bantuan berupa 10 ribu masker. Sebelumnya, Gerakan Mobil Masker telah membagikan 500 ribu masker kepada masyarakat di Malang Raya. (Sumber: www.cnnindonesia.com)