Frekuensi KA Meningkat, PT KAI Imbau Pemudik Waspada di Perlintasan Sebidang

KILASBANDUNGNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengimbau pengendara kendaraan bermotor waspada saat melintasi perlintasan sebidang pada saat musim mudik Lebaran. Banyaknya masyarakat yang mudik pada tahun ini tentu akan membuat kepadatan arus lalu lintas di berbagai ruas jalan, sehingga dibutuhkan kewaspadaan serta kesabaran ketika berkendara.

Menurut Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joko Widagdo, frekuensi perjalanan KA yang bertambah pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023 juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan pemudik ketika melintasi perlintasan sebidang.

Daop 2 Bandung sendiri pada masa Angkutan Lebaran (14 April – 2 Mei) mengoperasikan 497 perjalanan KA jarak jauh dengan rincian 440 perjalanan KA reguler serta 57 perjalanan KA tambahan. Masih ditambah dengan 1.176 perjalanan KA Lokal yang tetap dioperasikan selama masa Angkutan Lebaran.

“Kami imbau pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor untuk selalu berhati – hati ketika melewati perlintasan sebidang. Pastikan untuk berhenti sejenak ketika akan melewati perlintasan, serta pastikan tidak ada kereta yang akan melintas,” ucap Joko, Senin (10/4/2023).

Daop 2 Bandung mencatat ada 406 perlintasan di wilayahnya, dengan 75% diantaranya (302) merupakan perlintasan yang tidak dijaga. Pada masa Angkutan Lebaran ini, Daop 2 Bandung menempatkan 36 penjaga perlintasan sebidang ekstra di titik yang dianggap rawan kecelakaan.

“Langkah antisipasi kami lakukan dengan menyiagakan petugas penjaga perlintasan di titik titik rawan, sehingga keselamatan tidak hanya bagi perjalanan KA dan pelanggannya tapi juga bagi pemudik lain yang menggunakan kendaraan bermotor juga terjaga,” kata Joko.

Selain itu, Daop 2 Bandung bersama para stakeholders dan Komunitas Pecinta KA juga secara rutin melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang. Sosialisasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran pengguna jalan berlalu lintas ketika melewati perlintasan sebidang ini dilakukan setiap minggunya guna meminimalisir kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang.

Terkait keselamatan di jalur KA, Daop 2 Bandung juga kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di jalur KA. Diharapkan masyarakat dapat turut berpartisipasi menciptakan keselamatan bersama dan kelancaran perjalanan kereta api. Masyarkat diminta jangan segan-segan untuk memberikan pengertian atau teguran jika ada yang bermain atau melakukan kegiatan di jalur kereta api. (Parno)