Forum Pelajar Sadar Hukum Jawa Barat Gelar Musyawarah

Bandung – Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH) Jawa Barat menyelenggarakan Musyawarah Tinggi yang berlangsung di Aula Muhammad Yamin Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Radjiman No. 6, Kota Bandung, Jumat, (11/01).

Menurut Ketua FPSH Jawa Barat, Nandi, dalam musyawarah tinggi tersebut, FSPH membahas tentang strategi sosialiasi tentang kesadaran hukum di kalangan pelajar di tahun 2019 dan pembahasan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART).

“Kita akan lakukan pembaharuan startegi untuk sosialisasi, Inshaa Allah pada Juli 2019 seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat sudah memiliki forum pelajar sadar hukum dan HAM,” ucapnya.

Nandi menjelaskan, FPSH sudah terbentuk di 13 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat, di antaranya adalah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Karawang, dengan harapan, kedepannya program FPSH dapat terlaksana dengan baik.

“Musyawarah tersebut merupakan momentum untuk pelajar Jawa Barat melakukan sosialisasi di bidang kesadaran hukum dan HAM,” kata Nandi.

Menurutnya, FPSH adalah forum alternatif sebagai wadah pelajar untuk mengembangkan dan mengamalkan kesadaran hukum dan HAM, baik kepada diri sendiri, sesama pelajar dan masyarakat serta untuk melatih dan meningkatkan pendidikan karakter pelajar.

“Intinya, kita adalah pelajar yang bertugas untuk menggerakan kesadaran akan hukum yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Selain musyawarah, acara tersebut juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba desain poster dalam rangka memperingati hari HAM bulan Desember lalu.

Dalam perlombaan desain poster yang diadakan FPSH, Siswa SMAN 1 Tanjungsari Kabupaten Sumedang, Agum Gumelar berhasil meraih juara pertama, juara kedua dan ketiga dimenangkan oleh siswi SMKN 8 Bandung, Mulya Firdaus dan Siswi SMKN 2 Purwakarta, Noviana Pratiwi.***


Rep: Suparno Hadisaputro