Forum Cinta Lansia Aktifkan Warga Senior Cinambo

Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama sejumlah peserta Lomba Senam Lansia di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (8/8/2019).

Bandung – Kecamatan Cinambo Kota Bandung memiliki sekitar 3.000 lansia. Untuk mewadahi agar para lansia atau warga senior tetap aktif, Kecamatan Cinambo membentuk Forum Cinta Lansia Cinambo.

“Kecamatan Cinambo memiliki potensi terkait lansia yang berjumlah sekitar 3.000 jiwa. Hal ini kemudian melatarbelakangi terbentuknya Forum Cinta Lansia Cinambo,” kata Camat Cinambo, Dadang Iriadi pada Kegiatan Bandung Menjawab, di Ruang Media Balai Kota Bandung, Selasa (27/8/2019).

Dadang mengungkapkan, Kecamatan Cinambo pernah menjadi tempat diselenggarakan Peringatan Hari Lansia Nasional tingkat Kota Bandung pada tahun 2017. Saat itu, sebagian besar pesertanya merupakan lansia dari Cinambo.

“Ada beberapa lembaga yang terlibat dalam Forum Cinta Lansia Cinambo di antaranya lembaga veteran, pensiunan ABRI, persatuan werdatama, pensiunan ASN, LPMI, PWRI, LLI,” tuturnya.

Selain itu, Kecamatan Cinambo juga memiliki Gerakan Minggu Membaca (Gema), yang menjadi agenda rutin di setiap kelurahan untuk mengajak masyarakatnya menggiatkan membaca.

“Selain menerapkan literasi dalam membaca Alquran, Cinambo juga menerapkan kegiatan dalam menulis Alquran,” tuturnya.

Kecamatan Cinambo saat ini telah menjadi kawasan wisata literasi Kota Bandung.

“Oleh karenanya di Cinambo mengembangkan perpustakaan berupa pojok-pojok baca di setiap ruang-ruang publik atau di kantor RT/RW atau kelurahan,” kata Dadang.***