FIF Siap Berikan DP Nol Persen

Bandung – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta perusahaan pembiayaan bisa memberikan uang muka atau DP hingga nol persen untuk kredit kendaraan bermotor kepada masyarakat.

Menyikapi anjuran OJK tersebut, Margono Tanuwijaya selaku Presiden Direktur PT Federal International Finance (FIF) menyatakan, perusahaannya siap memberikan DP nol persen kepada masyarakat karena NPF atau resiko kredit perusahaan pembiayaan kurag dari 1 persen.

‚ÄúDalam hal ini FIF salah satu perusahaan yang bisa jual DP 0 % karena secara nasional kita punya NPF 0,7%, jadi dan ini bagi customer lebih fleksibel karena mereka bisa mengangkut lebih besar,” ucapnya.

Namun menurut Margono, meski pihaknya memberikan DP Nol persen, tidak semua masyarakat mengambilnya karena dengan DP Nol persen mereka harus mencicil lebih besar dibanding jika memberikan DP lebih besar.

“Dengan DP 0 % customer itu butuh, misalnya customer yang ada di Jabar 1, itu malah DP nya besar-besar, dia ga mau DP kecil karena dia punya uang untuk bayar DP,” kata Margono, usai peresmian Kantor FIF Soreang, Rabu (23/1/2019).

Sementara itu jika dilihat dari sisi kinerja keuangan, FIF Group memiliki pertumbuhan dari tahun ke tahun, dimana pada 2018, jumlah aset perusahaan mencapai Rp 41,3 triliun, atau bertumbuh 7,9 peraen dibandingkan tahun sebelumnya dengan total penyaluran dana pembiayaan sebesar Rp 37,4 triliun, atau bertumbuh 11,3 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Paling banyak untuk pembiayaan sepeda motor sekitar 67% sisanya untuk multiguna 23% dan 10% untuk Spektra, harapannya di tahun 2019 bisa tumbuh 3%-4%,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro