Eriksen Sosok Panutan untuk Damsgaard

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bintang muda Denmark, Mikkel Damsgaard, mengaku gaya mainnya terinspirasi oleh Christian Eriksen. Kehadirannya di Tim Dinamit mampu menutupi absennya Eriksen.

Denmark mengawali Piala Eropa 2020 dengan tragedi. Mereka tumbang 0-1 dari Finlandia di laga pembuka Grup B dengan diiiring kisah pilu kolapsnya pilar Christian Eriksen di lapangan pada akhir babak pertama akibat serangan jantung.

Kondisi Eriksen kemudian perlahan membaik usai menjalani operasi di rumah sakit. Namun, playmaker Denmark ini dipastikan tak bisa menuntaskan Euro 2020.

Tanpa Eriksen, Denmark semakin berada dalam situasi sulit usai tumbang 1-2 dari Belgia di laga kedua. Diambang tak lolos, keajaiban hadir untuk Denmark usai menang 4-1 atas Rusia di laga terakhir Grup B.

Denmark lolos ke 16 besar sebagai runner up Grup B usai unggul head to head agregat gol atas Rusia dan Finlandia yangb sama-sama mengumpulkan poin 3. Kejutan Denmark berlanjut di 16 besar dengan mereka menang meyakinkan 4-0 atas Wales.

Ledakan Tim Dinamit ini turut menyeruakan satu nama bintang muda yaitu Mikkel Damsgaard. Tak adanya Eriksen membuat pelatih Denmark, Kasper Hjulmand mengubah formasi dari 4-2-3-1 menjadi 3-3-2-1.

Hal ini mengakomodir kemampuan Damsgaard yang bermain di belakang penyerang utama. Damsgaard sudah mengemas 1 gol dan 1 assist. Ia juga tercatat sebagai pemain Denmark dengan persentase umpan silang terbaik dengan 55,7 persen.

Damsgaard pantas bangga kehadirannya bisa menutupi absennya Eriksen. Pasalnya, Eriksen adalah sosok yang menginspirasi gaya main pilar Sampdoria ini.

“Saya dapat mengatakan bahwa dia menginspirasi saya. Eriksen adalah salah satu pemain yang paling ingin saya tiru,” ujar Damsgaard dikutip dari Football Italia..

“Saya sangat mengaguminya ketika saya masih muda, dan sejak itu, saya selalu bermain sebagai nomor 10, seperti yang dia lakukan, jadi sulit untuk tidak mengaguminya.

“Saya mempelajari banyak detail permainannya dan bagaimana dia menemukan ruang. Saya sudah mencoba memasukkan itu dalam permainan saya sejak saya masih kecil. Kemudian sangat gila bisa bersamanya di tim nasional dan melihat bagaimana dia berlatih,” jelasnya.

Damsgaard bersama Denmark bertekad melanjutkan kejutan di babak perempatfinal. Di fase ini, mereka bakal bersua dengan Republik Ceko. (Sumber: sport.detik.com)