Elektrifikasi Listrik di Jabar 99 Persen

Ilustrasi pembangkit listrik.

Bandung – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus meningkatkan jumlah keluarga yang  menggunakan listrik secara langsung dari PLN sesuai dengan program pemerintah melalui sinergi BUMN nya.

Menurut Manager Komunikasi PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Iwan Ridwan, rasio elektrifikasi di wilayah Jawa Barat hingga saat ini sudah mencapai 99 persen lebih sesuai data administrasi kependudukan yang ada.

“Sudah hampir 100%, tapi ini dinamis, yang namanya elektrifikasi 100% seluruh kepala keluarga sudah mendapatkan sambungan aliran listrik tetapi setiap hari, setiap minggu setiap bulan ada keluarga baru yang belum mendapatkan sambungan listrik karena alasan lain,” ucapnya.

Iwan mengatakan, melalui program Sinergi BUMN ini pihaknya akan terus melakukan pencatatan dan pendataan kepala keluarga yang hingga saat ini belum mendapatkan sambungan aliran listrik secara dari PLN untuk kemudian dimasukkan dalam program ini.

“Kita akan masukan untuk menjadi target atau sasaran pemberian sambungan listrik gratis dari Kementerian BUMN,” kata Iwan, Kantor PT PLN UID Jabar, Kamis (28/02).

Iwan menyatakan, selama tahun 2018 lalu sudah ada sekitar 100.978 keluarga yang telah mendapatkan sambungan listrik gratis dari Kementerian BUMN melalui program BUMN Perduli dan program ini akan terus dilanjutkan di tahun 2019 ini.

“Untuk tahun 2019 ini baru dilakukan di Bekasi dan langsung dilakukan oleh Presiden RI, Joko Widodo,” jelasnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro