Edelweiss Hospital Bentang Salapan, Bantu Masyarakat Cianjur

KILASBANDUNGNEWS.COM – Semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan fasilitas kesehatan pun semakin tinggi. Halnya yang terjadi di Kabupaten Cianjur, dimana diorediksi pada tahun 2023 jumlah penduduk di Kabupaten Cianjur meningkat 1,29 persen, yaitu sebanyak 2.509.521.

CEO RS Edelweiss Cianjur, dr. Poundra Adhisatya Pratama mengatakan, kebutuhan Tempat Tidur di Kabupaten Cianjur masih tinggi yaitu sekitar 1.350 tempat tidur atau masih di bawah standar WHO yang menyebutkan 1 bed untuk melayani 1.000 penduduk.

“Edelweiss Healthcare Group menangkap peluang untuk menyediakan layanan kesehatan yang lengkap di Cianjur dengan membangun Edelweiss Hospital Bentang Salapan,” ucapnya.

Setelah penandatanganan kesepakatan bersama 4 lembaga, salah satunya Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cianjur, Edelweiss Healthcare Group melakukan audiensi bersama Bupati Cianjur, Herman Suherman, pada Jumat (20/05/2022) lalu.

Dalam sambutannya, Herman Suherman menyampaikan bahwa beberapa rumah sakit di Cianjur masih kekurangan alkes dan tenaga medis, ini juga yang menyebabkan banyaknya warga Cianjur yang harus dirujuk ke rumah sakit besar di luar Cianjur.

“Banyak warga Cianjur yang sakit dan harus dirujuk ke luar kota. Harapannya dengan adanya Edelweiss Hospital Bentang Salapan ini bisa memenuhi kebutuhan layanan kesehatan warga Cianjur, tanpa harus dirujuk ke luar Cianjur,” ujar Herman.

Herman berharap, keberadaan Edelweis Hospital dapat berkiprah membantu pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal.

“Keberadaan Edelweiss Hospital sangat dinantikan, harapannya bisa meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Cianjur,” kata Herman.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cianjur, KH Choirul Anam MZD, menyampaikan bahwa pembangunan rumah sakit ini sudah menjadi cita-cita PCNU Cianjur bahkan masuk ke dalam program.

Edelweiss Hospital Bentang Salapan yang rencananya akan selesai pada awal 2024 ini memiliki 4 lantai dengan luas bangunan 9600 m2. Cukup untuk menampung 1200 bed dengan tipe rumah sakit C, yaitu rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas, yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan kebidanan dan kandungan. (prn)