Dukung Green Tourism, PLN Hadirkan SPKLU dan Kerja Sama Jabar Smile Untuk Sektor Wisata

KILASBANDUNGNEWS.COM – PT PLN siap mendukung lahirnya kawasan wisata yang berorientasi pada green tourism dengan menyediakan pasokan energi listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT).

Susiana Mutia, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat mengatakan selain energi listrik berbasis EBT, PLN menyediakan infrastruktur berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tempat –tempat wisata. PLN juga siap melakukan inovasi dan berkolaborasi dengan pelanggan industri, bisnis, dan pihak lain yang ingin membangun kawasan Green Tourism.

“Pemanasan global kini menjadi permasalahan yang telah kita hadapi bersama. Oleh karena itu, kolaborasi, inovasi dan kerja sama semua pihak sangat dibutuhkan, dalam hal ini melalui keberadaan Green Tourism,” kata Susi.

Menjelang liburan Idul Fitri, PLN meresmikan SPKLU di tempat wisata legendaris bahkan maskot kota Bandung yakni Jalan Braga. SPKLU Ultra-Fast Charging Mobile ini memiliki kemampuan charging yang super cepat karena pengguna dapat menikmati kecepatan waktu charging hanya 25 menit hingga baterai terisi penuh.

Braga sendiri merupakan salah satu spot favorit bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu libur lebarannya di Bandung. Di sepanjang jalan Braga terdapat wisata heritage, wisata belanja dan kuliner legendaris.

“Keberadaan SPKLU Mobile Ultra-Fast Charging berkapasitas 200 kW diharapkan dapat menambah kenyamanan para pengendara mobil listrik yang berwisata di seputaran Jalan Braga-Asia Afrika dan mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik,” ucapnya.

Selain di Jalan Braga, sebelumnya PLN juga telah membangun SPKLU di daerah wisata lain seperti Ciwidey, Pangalengan, Cipayung, Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Garut Kota, Lembang, Cirebon Kota dan Subang.

Lebih lanjut, PLN juga melakukan pengembangan Green Tourism melalui kolaborasi dan sinergi dengan mitra program Jabar Smile. Di tahun ke-3 Program Jabar Smile, PLN UID Jabar telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Green Canyon Pangandaran dan The Allure Villas.

Iyus Rahman, Ketua Pokdarwis menyatakan pihaknya tertarik bergabung Jabar Smile karena sejalan dengan usaha jasa wisata air pengelolaan kapal listrik di Green Canyon, Pangandaran.

“Saat ini, selain kapal listrik pihaknya juga masih mengelola kapal konvensional. Iyus berharap dengan bergabung di Jabar Smile jumlah kapal listrik yang dikelola dapat bertambah,” ujarnya.

Menurut Iyus, perahu listrik sangat menarik pengunjung karena lebih nyaman dan bebas polusi atau ramah lingkungan. Selain itu pergerakan kapal listrik lebih halus, mudah bermanuver, dan tidak berisik sehingga penumpang tetap dapat menikmati wisata di atas kapal sambil mengobrol tanpa terganggu suara dari mesin kapal.

Senada dengan Iyus, Ade dari The Allure Villas menyampaikan bahwa pihaknya bergabung dengan Jabar Smile karena untuk pembaharuan dan meningatkan daya wisata khususnya d Pangandaran.

Sebagai salah satu pemilik penginapan terbesar di Pangandaran, The Allure Villas memiliki keunikan tersendiri yakni adanya motor listrik dan scooter listrik yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan tempat ini.

Dia menjelaskan bahwa dengan bergabung di Jabar Smile, maka diharapkan akan ada paket wisata menginap di The Allure Villas plus wisata kapal listrik Green Canyon. (Parno)