Diskominfo Kembangkan Statistik Sektoral

Ilustrasi Statistik. (Foto: Istimewa)

Bandung – Dinas Komunikasi dan Informatika yang ada di setiap provinsi, kota maupun kabupaten saat ini tidak hanya terfokus pada komunikasi saja tetapi saat ini memiliki tugas tambahan yaitu masalah statistik.

Namun menurut Direktur Diseminasi Statistik pada Badan Pusat Statistik (BPS), Adhi Widiana statistik yang dikembangkan yaitu statistik sektoral yang diperuntukan bagi kepentingan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan sifatnya tidak lintas sektoral serta tidak nasional.

“Data yang harus dikembangkan misalnya registrasi penduduk, kapan dia lahir, kapan sekolah, bekerja, meninggal dan sebagainya,” ujar Adhi saat ditemui reporter LPS PRSSNI Bandung.

Selain data mengenai penduduk, statistik sektoral juga memuat data mengenai profil daerah setempat.

“Di samping itu yang harus dihitung seperti  profil daerah, data-data yang dibangun dari level desa terbawah sampai kecamatan, kabupaten, kota dan provinsi,” tambahnya.

Menurut Adhi, data sektoral ini sangat bermanfaat ketika akan membangun sistem data yang terintegrasi secara nasional.

“Data sektoral ini sangat bermanfaat ketika akan membangun sistem data yang terintegrasi secara nasional misalnya luas lahan, luas sawah, jumlah produksi padi, orang miskin dan sebagainya,” jelasnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung