Diskominfo Jabar Sinergikan Pengolahan Data

Bandung – Puluhan peserta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Barat juga Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota dan Kabupaten di Jawa Barat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat┬ádi kantor Bappeda Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Kiagus Denny Sofian mengatakan, FGD tersebut digelar untuk mensinergikan program-program yang terkait dengan pengolahan data.

“Mengundang pengolah data yang ada di OPD Provinsi termasuk pengolah data yang ada di kota dan kabupaten dalam rangka mensinergikan program-program yang terkait dengan pengolahan data,” ujar Kiagus┬ádi Kantor Bappeda Provinsi Jawa Barat, Selasa (28/8/2018).

Menurut Kiagus, pengolahan data ini menjadi salah satu unggulan Jawa Barat yang juga program 100 hari dari Gubernur Jawa Barat terpilih, Ridwan Kamil untuk masa jabatan 2018-2023 mendatang.

“Ini harus ada pertemuan kembali seluruh perangkat daerah semua pengolah data untuk penyamaan persepsi atau yang harus dilakukan dalam 100 hari karena diskominfo adalah penyedia dan pengumpul data,” tuturnya.

Kiagus menambahkan, saat ini sumber data berada di masing-masing instansi sehingga perlu ada sinergi perangkat daerah dan hal ini menjadi tanggungjawab Diskominfo.

“Tanpa sinergitas semua lembaga pekerjaan yang kita lakukan akan mengalami kesulitan artinya data-data yang diperlukan oleh Diskominfo senbagai pengumpul dan penyedia data ini akan terkendala,” pungkasnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung