Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita saat Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik Pada Generasi Milenial, di Bandung, Jumat (11/5/2018).

Bandung – Pemerintah Kota BandungĀ  mengapresiasi positif Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menggelar Kampanye Cerdas Menggunakan Kosmetik Pada Generasi Milenial. Sekitar 250 siswi sekolah di Kota Bandung mengikuti kampanye yang berlangsung di Hotel Trans Bandung, Jumat (11/5/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita berharap, kampanye yang digagas BPOM tersebut bisa memberikan pengetahuan dan wawasan yang luas, terutama penggunaan kosmetik kepada masyarakat khususnya para pelajar perempuan.

“Untuk keamanan dan menjaga kesehatan, saya harap masyarakat harus selektif dalam mengkonsumsi makanan dan penggunaan kosmetik,” ucapnya.

Menurut Rita, perempuan merupakan target pasar yang sangat besar dari semua produk yang ditawarkan oleh produsen termasuk produk kosmetik. Namun pengetahuan konsumen tentang produk tersebut masih kurang sehingga beredar produk palsu.

“Saat ini banyak merek-merek terkenal serta produk impor yang masuk ke Indonesia melalui media khususnya media sosial dimana masyarakat tidak paham kelaikan produk tersebut,” katanya.

Rita menyatakan, produk kosmetika ilegal atau masuk tanpa melalui pemeriksaan dari BPOM dikhawatirkan bisa membahayakan penggunanya.

“Kita tidak tahu bahan kimia apa yang digunakan untuk membuat kosmetik, bisa saja berbahaya bagi tubuh, karenanya kita terus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang produk kosmetik tersebut,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung