Di Tengah Okupansi Turun, PT PALMA Sewa Kelola Hotel Idea’s

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mencatat okupansi hotel sejak diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap 1 hingga 2 hanya berkisar 10-20 persen.

Penurunan terjadi karena saat ini masih situasi pandemi Covid-19 dan adanya kebijakan PSBB Proporsional sehingga memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bandung.

Namun kondisi ini tidak mengurungkan PT PALMA (Putera Alma Madani Anugrah) untuk melakukan sewa kelola atas Hotel Idea’s yang merupakan milik PT. Idea Famili Jaya.

Direktur Utama PT PALMA Karina Puti Ayu mengatakan, dalam sewa kelola ini pihaknya memiliki kesepakan dengan pemilik melalui cara menyewa hotel dan mengelolanya dengan membayar sejumlah uang sesuai kesepakatan.

“Seperti ngontrak rumah lah lalu kita mengoperasikannya seperti hotel pada umumnya, kita juga yang membayar listrik air, pegawai dan segala macamnya biaya operasioanlnya itu kita yang nanggung jadi pemilik itu akan menerima sesuai kesepakatan tanpa ada potongan apapun, kecuali pajak,” ucapnya.

Menurut Karina, untuk di Kota Bandung ini pihaknya sudah melakukan sewa kelola terhadap 3 hotel dan akan terus ditambah di tahun 2021 ini.

“Di Bandung sudah ada 3 dan ada beberapa hotel lainnya yang akan bergabung dan kita sedang mempelajarinya karena tidak semua hotel bisa kita terima untuk bekerjasama, kita harus melihat produknya, fasilitasnya seperti apa dan jumlah kamarnya berapa dan lokasinya seperti apa,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Komisaris PT PALMA, Satria Pringgodani menyatakan, pihaknya tidak terpaku adanya pandemi Covid-19 ini, untuk tidak melakukan sewa kelola hotel.

“Masalah pasti ada kesempatan dan kami yakini itu, tapi kita juga jangan lari dari masalah ini juga karena kita bisa berbuat sesuatu untuk bangsa dan negara ini,” kata Satrian, usai MoU Sewa Hotel Idea’s, Rabu (3/2/2021).

Satria menyatakan, selain melakukan sewa kelola dengan hotel-hotel milik swasta, pihaknya juga melakukan sewa kelola hotel-hotel milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Alhamdulillah kami dapat kepercayaan dari perusahaan-perusahaan yang memang bukan sembarangan, bekerjasama dengan BUMD maupun BUMN itu sangat sulit kalau kita tidak punya kopentensi yang cukup tidak punya track record yang baik itu tidak mungkin kita bisa bekerja karena diawasi oleh BPK, KPK,” imbuhnya.

Dody Wahdiansyah, selaku pemilik Hotel Idea’s  mengharapkan, kerjasama pengelolaan hotel ini akan memberikan dampak yang baik untuk kedua belah pihak.

“Mudah-mudahan dengan sewa kelola Hotel Idea’s bisa berjalan sesuai harapan kedua belah pihak,” ujarnya.  (Parno)