Deret Vaksinasi di Daerah Berujung Kerumunan Peserta

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah menambah target cakupan vaksinasi nasional dari 181,5 juta orang menjadi 208,2 juta orang. Target tersebut ditambah seiring kelompok penerima vaksin yang diperluas kepada anak-anak dan remaja berusia 12-17 tahun.

Vaksinasi telah dimulai di sejumlah daerah. Namun, gelaran vaksinasi banyak mengundang kritik sebab kerap menimbulkan antrean hingga kerumunan.

1. Kota Tangerang (29 Juni 2021)

Vaksinasi di Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang digelar pada 29 Juni sampai 1 Juli 2021. Gelaran vaksinasi tersebut sempat menimbulkan kerumunan.

Kerumunan bermula karena pintu gerbang Puspem baru dibuka pukul 10.00 WIB. Sementara, pada pukul 07.30 WIB warga sudah berdatangan untuk vaksinasi. Walhasil, warga menumpuk di depan gerbang.

Mereka berdesak-desakan supaya mendapat antrean paling depan. Protokol kesehatan untuk menjaga jarak pun diabaikan.

Selain itu, penumpukan juga terjadi karena tidak ada penentuan jadwal vaksin saat warga mendaftar. Sehingga, mereka langsung mendatangi pusat vaksinasi untuk mencari tau kapan divaksin.

2. Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi (23 Juni 2021)

Video kerumunan viral dari gelaran vaksinasi Covid-19 massal di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi. Dalam video itu, terlihat banyak orang yang sedang antre untuk mendapatkan vaksin, namun tanpa melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Sajekti Rubiyah menilai kerumunan dalam video tersebut karena angle yang tidak tepat. Sehingga yang terlihat seperti kerumunan orang yang melanggar prokes. Diketahui, vaksinasi itu digelar oleh Pemkot Bekasi, Jawa Barat dengan terget 50 ribu orang, mulai dari 18 tahun ke atas dan para lansia.

3. Tanah Abang Jakarta Pusat (22 Februari 2021)

Sebuah foto beredar di media sosial memperlihatkan antrean warga mengular menunggu vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang pada 22 Februari lalu. Kepolisian sempat pun sempat menyetop vaksinasi Covid-19 di Pasar Tanah Abang itu.

Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan menyebut antrean itu terjadi lantaran proses vaksinasi di pusat niaga tersebut akan segera berakhir. Satuan Tugas (Satgas) menyebut perlu ada penjadwalan yang runtut dan baik sehingga mampu meminimalkan kerumunan yang terjadi.

4. RSUD Genteng Banyuwangi (13 Juli 2021)

Antrean vaksinasi COVID-19 di RSUD Genteng Banyuwangi 19 membludak sampai menimbulkan kerumunan. Warga berkerumun berebut mendaftarkan diri untuk divaksinasi. Dari video yang beredar, peserta vaksinasi bergantian menyodorkan KTP kepada petugas yang menangani vaksinasi. Namun, mereka tak beranjak dari kerumunan tersebut. Diketahui, vaksinasi ini menargetkan 21 ribu orang pehari bisa divaksinasi COVID-19.

5. Lapangan Renon Bali (26 Juni 2021)

Vaksinasi massal di parkir timur Lapangan Renon Denpasar pada 26 Juni lalu diwarnai kerumunan. Pendaftaran vaksinasi dibuka pada pukul 09.00 Wita. Namun, sebelum dibuka, banyak warga sudah berdatangan sehingga terjadi penumpukan.

Setelah pendaftaran dibuka, antusiasme warga untuk mendapatkan vaksinasi meningkat. Warga yang berdatangan pun semakin banyak.

Petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, hingga Satpol PP yang berjaga di lokasi dapat mengurai kerumunan yang kemudian juga viral di media sosial. (Sumber: www.cnnindonesia.com)