Daftar Zona Merah Terbaru di Jabar, Bandung Raya Masuk Oranye

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bandung Raya perlahan mulai keluar dari zona merah secara bertahap pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Seperti dilaporkan Satgas COVID-19 dalam laman covid19.go.id, dilihat Senin (9/8/2021) pukul 08.30 WIB.

Seperti diketahui zona merah adalah daerah dengan risiko penularan COVID-19 yang tinggi. Pekan ini, hanya dua wilayah di Bandung Raya yang masih menyandang status zona merah yakni Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, sedangkan Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi masuk ke dalam zona oranye.

Di wilayah Priangan Timur hanya tersisa satu kabupaten yang masuk ke dalam zona merah, yakni Kabupaten Ciamis. Sekedar informasi, pekan lalu Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis masuk ke dalam zona merah.

Sementara itu kawasan Bodebek yakni Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kota serta Kabupaten Bekasi masih berada dalam zona merah. Zona merah pun bergeser ke arah utara Jawa Barat mulai dari Kota Cirebon, Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu.

Secara akumulasi zona merah di Jabar pekan ini berjumlah 12 kabupaten/kota. Sementara itu 27 daerah lainnya masuk ke dalam zona oranye atau risiko penularan COVID-19 sedang.

Saat ini jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di Jabar mencapai 636.982. Jumlah pasien yang dirawat atau menjalani isolasi pun turun menjadi 89.300 dari puncaknya yang mencapai angka 120 ribuan di awal PPKM.

Sedangkan kasus warga yang sembuh atau selesai menjalani isolasi sebanyak 537.305 orang, sementara warga yang meninggal dunia setelah terpapar COVID-19 sebanyak 10.377 kasus.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, kasus COVID-19 varian Delta di Indonesia telah turun dan melewati puncaknya. Menurutnya pengorbanan bersama saat PPKM berhasil menurunkan kasus.

“BOR Keterisian Rumah Sakit untuk covid di Jawa Barat sekarang 42% dari puncaknya bulan lalu 91%,” tutur Ridwan Kamil dalam instagramnya, Senin (9/8).

Berikut rincian daftar zona COVID-19 di Jabar :

Zona Oranye (Risiko Sedang) : Kabupaten Cianjur, Tasikmalaya, Cirebon, Sumedang, Kab Tasikmalaya, Kab Sukabumi, Kab Garut, Kab Bandung Barat, Kota Banjar, Majalengka, Kab Purwakarta, Karawang, Pangandaran, Kota Sukabumi, Kota Cimahi.

Zoba Merah (Risiko Tinggi) : Kabupaten Bandung, Ciamis, Kabupaten Bekasi, Kota Depok Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kab Bogor, Kuningan, Kab Subang, Kab Indramayu. (Sumber: news.detik.com)