Ciletuh Ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark

Curug Awang Ciletuh. Sumber Foto: ANTARA

Sukabumi – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Jawa Barat. Salah satunya mendorong Geopark Ciletuh menjadi destinasi pariwisata dunia. Apalagi menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Geopark Ciletuh sudah dinobatkan menjadi Unesco Global Geopark.

“Geopark Ciletuh pada empat hari lalu telah dinobatkan menjadi Unesco Global Geopark (UGG),” ujarnya pada acara Geopark Ciletuh Fun Day di Pantai Palangpang, Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, Minggu (15/4/2018).

Selain Ciletuh, Unesco juga mengesahkan 12 geopark dari 11 negara masuk dalam jaringan global. Pengesahan tersebut disampaikan dalam sidang Unesco ke-204. Komisi Programme and External Relations, di Paris, Prancis, Kamis (12/4) pekan lalu.

Ahmad Heryawan mengaku bangga karena Geopark Ciletuh menjadi Geopark pertama di Jabar yang diakui Unesco. Adapun peresmian atau penyerahan sertifikat akan dilakukan September mendatang.

Usai ditetapkan Unesco, menurutnya, seluruh pihak wajib merawat, menata dan mengembangkan Geopark Ciletuh. Hal ini sangat penting agar kawasan pariwisata ini tidak menjadi kumuh.

“Harus lebih indah dan membanggakan, jaga juga kelestariannya. Pokoknya jangan sampai jadi kumuh,” katanya.

Demi menjaga Geopark Ciletuh, pihaknya mendorong pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk segera membuat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan membuatnya menjadi Peraturan Daerah (Perda). Hal ini sangat penting agar pembangunan di kawasan tersebut lebih tertib.

“Jika ada yang akan membangun hotel atau fasilitas penunjang pariwisata lainnya di Geopark Ciletuh harus sesuai RDTR supaya indah dan tertata,” ujarnya. ***