Bupati Purwakarta Tegaskan Peran Program KB di Lapangan

UNTUK menyusun rencana pelaksanaan kegiatan program Keluarga Berencana (KB) Nasional, para kader di lini lapangan diharapkan terus melakukan konsolidasi dengan semua pihak terkait.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, pada pembukaan acara Pembinaan Lini Lapangan KB Kabupaten Purwakarta Tahun 2022 di Kawasan Taman Wisata Cikao Park, Jatiluhur Purwakarta, Kamis (19/05/2022).

Konsolidasi tersebut meliputi pengumpulan dan pengolahan data di tingkat desa, melakukan kunjungan atau pendekataan kepada tokoh formal atau informal dalam rangka pendekatan.

“Itu ntuk memperoleh  kesepakatan operasional dalam program KB Nasional,” kata Anne.

Anne juga mengapresiasi Kepala Dinas DPPKBB karena telah melaksanakan kegiatan ini yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader KB. Kader harus dibekali dengan materi yang cukup karena program KB ini tidak biasa.

“Para kader akan menghadapi kelompok masyarakat yang terikat dengan budaya dan sosial. Budaya masyarakat ini salah satunya adalah kelompok keagamaan yang selama ini ada di beberapa titik,” ucap Anne.

“Untuk menembus hal tersebut, diperlukan adanya pelayanan-pelayanan di bidang KB misalnya seperti pemasangan alat kontrasepsi,” imbuhnya.

Anne juga mengharapkan para kader terus melakukan penggerakan kepada masyarakat dan IMP agar berperan aktif dalam program KB nasional di wilayah kerjanya (desa), mengumpulkan data dan informasi masalah serta melakukan pembahasan masalah bersama kader atau poktan dan pihak-pihak terkait.

“Selain para kader juga tetap melaksanaka  hubungan kerjasama dengan pihak terkait di tingkat desa, menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas pekerjaannya, menyampaikan laporan kepada camat dan kepala UPTD dan koordinator serta kepala dinas dengan tembusannya kepala desa, serta peran lini lapangan KB sebagai anggota TPK tahun 2022 harus responsif,” ujarnya.

Menurut Anne, pada tahun ini, DPPKB Purwakarta akan melaksanakan door to door, bahkan Kepala DPPKB menyampaikan bahwa pelayanan KB dapat dilakukan di Aula Desa dengan akseptornya mencapain jumlah minimal 20.

“Kemudian akan didatangkan tenaga kesehatan mobil pelayanan dengan segala sarana prasarana yang dapat dilaksanakan. Selain di Aula Desa, dapat juga dilaksanakan di rumah warga atau penduduk sehingga mempermudah masyarakat dalam mendapat pelayanan KB,” jelasnya.

Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta, Yayat Hidayat menyampaikan bahwa Pos KB dan Sub Pos KB berada di seluruh wilayah di Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut bertujuan untuk menyehatkan dan memotivasi masyarakat dalam melaksanakan program keluarga berencana.

“Kegiatan temu kader merupakan upaya dalam mensinergikan program-program yang akan dilaksanakan. Kader-kader ini juga merupakan ujung tombak pergerakan untuk kegiatan-kegiatan di DPPKB,” kata Yayat.

Dalam agenda tersebut, nampak hadir Kepala DPPKB Kabupaten Purwakarta beserta seluruh Pegawai DPPKB, Pejabat Eselon III dan Pejabat Fungsional di Lingkungan DPPKB, Kepala UPTD Wilayah I, II dan III DPPKB Kabupaten Purwakarta, Petugas Lapangan Keluarga Berencana, Tegana Penyuluh Keluarga Berencana (Galuh Kencana Purwakarta), Kader Pos KB dan Sub Pos KB Desa, Ketua Unit DWP DPPKB, Camat, Kepala Desa Cisalada dan Kapus, beserta tamu undangan lainnya.(Parno/ ADVERTORIAL)