Bulan Ramadhan, Penderma.id dan Nur Quran Indonesia Sebar Mushaf Quran

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bagian dari upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan mushaf Quran pesantren di Jawa Barat, Penderma.id dan Yayasan Nur Quran Indonesia menyerahkan 1.200 mushaf Quran kepada Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah (Lazis) NU.

CEO penderma.id. Khirzan Noeman mengatakan, program ini akan sangat bermanfaat karena dapat memfasilitasi sejumlah santri yang masih memerlukan mushaf Quran. Mengingat peran santri di zaman milenial ini sangatlah penting untuk kemajuan negeri, khususnya sebagai penerus bangsa kedepannya.

“Dengan penyerahan 1.200 mushaf Quran ini, Penderma.id telah menyalurkan total lebih dari 15.000 mushaf untuk membantu memenuhi kebutuhan mushaf Quran pesantren di Jawa Barat,” ucap Khirzan, usai menyerahkan mushaf Quran di Kantor PWNU Jawa Barat, di Jalan Terusan Galunggung Malabar, Kota Bandung, Senin (27/3/2023).

Menurut Khirzan, saat ini masih banyak pesantren di Jawa Barat yang tidak memiliki mushaf Quran yang layak karena sudah lusuh dan rusak.

“Mudah-mudahan dengan pembagian 1.200 mushaf Quran ini dapat menggugah para Donatur dan Wakif untuk terus mendonasikan hartanya untuk memenuhi kebutuhan mushaf Quran bagi pesantren-pesantren yang membutuhkan khususnya di Jawa Barat, umumnya untuk pesantren se-Indonesia,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Nur Quran Indonesia Djoni Rosadi mengatakan, berdasarkan data Kementerian Agama bahwa saat ini kebutuhan Quran setiap tahun lebih dari 6 juta Mushaf.

“Tentunya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, agar tujuan mulia ini tidak sekedar keinginan untuk menyebarkan Al-Qur’an saja, akan tetapi sebuah prioritas demi memenuhi kebutuhan dasar umat Islam yang harus segera direalisasikan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Lazis NU Jawa Barat, Qomarudin memberikan apresiasi dengan adanya program yang digagas Penderma.id dan Yayasan Nur Quran Indonesia ini.

“Semoga kerjasama antara LazisNU, Penderma.id dan Yayasan Nur Quran Indonesia bisa memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat khususnya di Jawa Barat dan menjadi awal sinergi program-program keumatanlainnya,” kata Qomarudin.

“Harapannya semakin banyak mushaf quran yang dibagikan, semakin banyak santri yang dapat menghafal dan diamalkan, sehingga pahala akan terus mengalir bagi para wakif Quran,” imbuhnya.

Saat ini Pesantren NU di Jawa Barat sendiri kurang lebih sebanyak 11.724 pesantren dimana bila satu pesantren saja memerlukan 200 Mushaf Quran maka kebutuhan Quran di Jawa Barat sendiri mencapai kurang lebih 2,3 Jt. (Parno)